Cen Sui Lan Resmikan Aspirasi yang Dibawanya Rp3 Miliar ke Lingga, Lewat Program PISEW

 

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meresmikan pemanfaatan infrastruktur jalan beton antar desa lewat program PISEW di Lingga, Minggu (17/10/2021).

LINGGA (Kepriglobal.com) – Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meresmikan lima proyek aspirasi yang dibawanya ke Kabupaten Lingga, senilai Rp3 miliar melalui program infrakstruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW), Minggu (17/10/2021).

Lima desa yang mendapat kegiatan PISEW ini, Desa Duara dan Desa Sungai Besar di Kecamatan Lingga Utara. Kemudian, Desa Benan dan Desa Mensanak di Kecamatan Katang Bidare. Serta Desa Kelumu di Kecamatan Lingga. Desa Pekaka Kecamatan Lingga Timur dan Desa Mamut, yang bisa konektivitas untuk enam desa lainnya di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga.

Masing-masing lokasi atau setiap desa mendapat alokasi dana Rp600 juta, dalam bentuk kegiatan pembangunan infrastruktur berupa betonisasi jalan antardesa, yang bisa melancarkan konektivitas antardesa di setiap titik pelaksanaan PISEW tersebut.

Peresmian dipusatkan di Desa Duara, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, ditandai pengguntingan pita oleh Cen Sui Lan. Cen Sui Lan dan rombongan dalam peresmian ini, disambut tari persembahan dan sekapur sirih.

Rombongan yang diboyong Cen Sui Lan, antara lain Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BP2W) Kepulauan Riau Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Albert Renaldo beserta jajaran.

Kemudian Kadis PU Kabupaten Lingga Novrizal mewakili Bupati Lingga Muhamad Nizar. Selain itu, turut hadir tenaga ahli dari Cen Sui Lan. Yaitu Victor Anggosono Huatama, Herdiyanto, dan Agustar.

Peresmian juga dihadiri Sui Hiok dan Yanuar sebagai Anggota DPRD Kabupaten Lingga, dan lima kepala desa (kades) serta pengurus Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) yang mendapat kegiatan PISEW tersebut.

Dalam sambutannya, Cen Sui Lan mengingatkan, masyarakat yang menerima manfaat dari kegiatan PISEW ini, agar menjaga dan merawatnya.

Sehingga, bisa maksimal kegunaannya memperlancar konektivitas antardesa. Serta bisa memicu meningkatkan perekonomian desa. Karena membuat arus barang, orang, dan jasa jadi lancar. Dengan demikian, bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi pedesaan.

Cen Sui Lan menjelaskan, kegiatan PISEW ini berasal dari aspirasi sebagai Anggota Komisi V DPR. Usulan tersebut, berdasarkan masukan dari Anggota DPRD Kabupaten Lingga, sesuai permintaan masyarakat.

“Saya minta bantuan Bu Seniy, Anggota DPRD Kabupaten Lingga untuk mengusulkan titik-titik atau desa-desa yang beliau usulkan. Lalu Saya setujui,” ujar Cen Sui Lan tentang kegiatan PISEW yang identik dalam kapasitas dirinya sebagai Anggota Komisi V DPR RI.

Mewakili lima BKAD se-Kabupaten Lingga, Ketua BKA Desa Duara, Alai, mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan, yang telah menggelontorkan aspirasi PISEW di Kabupaten Lingga.

“Benar Bu Cen Sui Lan, masyarakat kami di sini sangat terbantu sekali. Karena, pada saat Covid-19, ada dana dan pekerjaan yang dilakukan di desa kami. Kegiatan ini sangat menolong kami, betul Bu,” ucap Alai optimis.

Kegiatan peresmian kegiatan PISEW ini diakhiri syukuran dan bersilaturahmi dengan masyarakat. (kg/pan)