DKUMPP Anambas Minta Kuota Minyak Goreng Subsidi Kepri

Kepala DKUMPP Kabupaten Kepulauan Anambas, Masykur. (Foto:ist)

ANAMBAS – Pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Kepulauan Anambas akan menyalurkan minyak goreng subsidi untuk masyarakat Anambas dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (23/02/2022).

Kepala Dinas DKUMPP Kabupaten Kepulauan Anambas, Masykur menyampaikan kepada media ini, bahwa minyak goreng subsidi tersebut Kuota Provinsi Kepri.

“Sebenarnya kuota minyak goreng ini prioritas Bintan dan kota Tanjungpinang. Kita paksakan minta kuota untuk Anambas,” sebutnya.

Lanjut Masykur, minyak goreng subsidi ini sudah di Tanjungpinang dan sudah di muat ke kapal.

“Untuk harga minyak goreng sampai di Anambas belum bisa di pastikan, karena kami harus koordinasikan dengan Distributor dan pedagang,” ucapnya.

Sementara, kepala bidang Perdagangan menjelaskan kepada media ini, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemprov Kepri untuk merealisasikan minyak goreng dengan harga terjangkau.

“Informasi dari Provinsi Kepri, kita (Kabupaten Kepulauan Anambas) mendapatkan kuota minyak goreng subsidi dengan jumlah 210 karton dengan isi 12 botol ukuran 1 liter (1 Lusin/ 12 liter). Dalam waktu dekat ini akan tersalurkan melalui Distributor yang telah terdata yaitu kemungkinan Toko Citra Mandiri (Boncai),” jelas Dahlia.

Ia mengatakan, walaupun minyak subsidi nantinya hadir di Anambas, akan tetapi harganya mungkin tidak satu harga seperti yang beredar di daerah lain di Indonesia karena menimbang biaya tambahan untuk dapat sampai ke Distributor.

“Walaupun nanti ada minyak goreng subsidi dari pemerintah, akan tetapi untuk transportasi dan biaya bongkar muat tidak ditanggung Pemerintah, sehingga kemungkinan akan ada selisih harga dari daerah lain,” katanya.

Dahlia berharap kepada masyarakat Anambas untuk dapat menghemat pemakaian minyak goreng sebagai bahan baku memasak, karena permasalahan ini merupakan masalah Nasional yang sedang di cari solusi dan penanganannya.

“Semoga dengan adanya subsidi ini bisa mengatasi masalah kelangkaan dan harga minyak goreng di Anambas dan kepada masyarakat diharapkan untuk bisa berhemat dan lebih cermat pada saat ini, sambil menunggu solusi dari pemerintah,” harap Dahlia. (KG/WNY)