Mulai 1 April 2022, Wisatawan Kesehatan Bisa Masuk Malaysia. Apa Syaratnya?

BATAM (Kepriglobal.com) – Setelah dua tahun pintu masuk Malaysia dan Indonesia ditutup gara-gara Covid-19, kini pemerintah Malaysia membuka pintu masuk perbatasan Internasional mulai 1 April 2022.

Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) Provinsi Kepri, saat menghadiri open house Imlek tahun 2019 yang diadakan Regency Specialist Hospital Johor Bahru, Malaysia. Dengan dibukanya kunjungan ke Malaysia 1 April 2022, pasien dari Indonesia sudah bisa berobat ke Regency Specialist Hospital.

Pimpinan Kantor Pelayanan dan Informasi Regency Specialist Hospital Johor dan Mahkota Medical Centre di Kepri,
Albiner Maju Sahala Simanjuntak, mengatakan, wisatawan kesehatan yang akan berobat ke Regency Specialist Hospital Johor atau Mahkota Medical Centre Malaka, dinasihatkan mempersiapkan dokumen sesuai persyaratan, supaya proses pengecekan saat sampai di bandara atau pelabuhan internasional tidak terkendala.

Persyaratan masuk ke Malaysia adalah seperti berikut:

Sebelum berangkat, unduh dan aktifkan aplikasi MySejahtera
melalui playstore di Smartphone. Kemudian, isi formulir sebelum keberangkatan dalam ikon Traveller MySejahtera.

Lakukan tes RT-PCR 2 hari sebelum keberangkatan. Jika pernah terpapar Covid-19 dalam jangka waktu 60 hari, hanya tes RTK-Ag profesional dilakukan 2 hari sebelum keberangkatan. Wisatawan diharuskan punya asuransi perjalanan Covid-19.

Saat sampai di Malaysia, cek suhu tubuh. Kemudian, dilakukan tes RTK-Ag dalam jangka waktu 24 jam saat tiba di bandara/ klinik/ rumah sakit.

Wisatawan kesehatan dinasihatkan untuk mendapatkan surat perjanjian temu dokter dari rumah sakit yang mau dituju sebelum keberangkatan.

“Ini penting supaya pasien difasilitasi saat sampai jika kondisi pasien perlu bantuan,” ujarnya.

Selama pandemi dua tahun ini, terdapat perubahan tempat-tempat wisata. Persiapan keberangkatan sangat penting.

“Untuk lebih aman dan mudah, wisatawan disarankan menggunakan paket tour dari perusahaan yang direkomendasi. Di Johor,
Regency Specialist Hospital dan Mahkota Medical Centre mempunyai paket-paket yang tersedia,” ujar Albiner.

Peluncuran paket tour dalam rangka menyambut wisatawan kesehatan ke Johor, tersedia D’ Elegance Hotel di Bandar Seri Alam yakni hotel bintang 3 yang siap menampung wisatawan saat pandemik.

Lokasinya sangat strategis, hanya 5 menit
jalan kaki ke Regency Specialist Hospital, Johor (RS Regency). Sekitarnya juga banyak tempat makan dan belanja. Paket MCU, kamar dan termasuk tour hanya dikenakan biaya mulai Rp3 jutaan.

 

“Info lanjut, silakan hubungi kantor perwakilan kami Regency Specialist Hospital Johor dan Mahkota Medical Centre Komplek Pertokoan Green Land Blok F1 Nomor 07 Batam Centre. Telepon 081270038070 atau 0815 3690 0320,” ujar Albiner Maju Sahala Simanjuntak, Jumat (25/3/2022).

Pasien-pasien yang perlu antar dan jemput di pelabuhan atau bandara, masih Albiner, bisa menghubungi kantor perwakilan Regency dan Mahkota untuk janjian bertemu dokter. Atau bisa juga mencari info paket-paket promo di dua rumah sakit yang banyak jadi rujukan pasien dari Indonesia maupun Asean ini.

“Sebelum pandemik covid-19, wisatawan kesehatan banyak yang datang medical check-up dan berobat di RS Regency Johor. Kami sangat senang hati, karena perbatasan kembali dibuka 1 April 2022 ini. Kami siap melayani wisatawan kesehatan Kami yang terkendala, dan bertemu kembali teman-teman dari Indonesia,” kata Ms Quek, Asistan Direktur International Marketing Regency Specialist Hospital Johor. (kg/pan)