Bupati Anambas Buka Pelatihan Tematik Pekarangan Pangan Lestari

Foto bersama saat Pelatihan Tematik P2L DAK Non Fisik. (foto:ist)

ANAMBAS – Pelatihan Tematik Pekarangan Pangan Lestari (P2L) DAK Non Fisik yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas, secara resmi dibuka oleh Bupati Kepulauan Anambas, Senin (1/8/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Pemuda, Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan tersebut diikuti oleh 9 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang juga merupakan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

Kemudian juga dilakukan penyerahan bibit mangga unggul dari Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) M. Alwi Mustaha, kepada Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris dengan harapan kedepannya dapat dipelihara sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Dalam sambutannya, Abdul Haris mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah Provinsi Kepri kepada Kabupaten Kepulauan Anambas yang telah memberikan peluang kepada KWT untuk memanfaatkan lahan halaman rumah mereka sebagai lahan penghasil pangan dalam memenuhi gizi pangan dan berorientasi besar kepada pendapatan rumah tangga.

“Program Pangan Lestari ini tentunya menjadi solusi terhadap ketahanan pangan keluarga yang tujuannya tidak hanya untuk penguatan pangan, tetapi juga untuk perbaikan ekonomi keluarga,” ucap Abdul Haris.

Kemudian, dirinya juga berharap, dengan adanya pelatihan Kelompok Wanita Tani Kabupaten Kepulauan Anambas terus melakukan inovasi guna mengembangkan program pekarangan pangan lestari untuk mewujudkan kemandirian pangan dan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Jika kita berhasil menanam mangga ini disetiap pekarangan atau halaman rumah kita, maka kita akan menjadi kabupaten penghasil mangga dengan kualitas buah yang baik. Untuk itu, mari kita bersemangat menjadikan halaman kita yang berpenghasilan,” harap bupati Kepulauan Anambas itu.

Kemudian, Kepala BPTP Provinsi Kepri, M. Alwi Mustaha mengatakan, sebagai bentuk BPTP Kepri memberikan ruang kepada Kabupaten Kepulauan Anambas adalah dengan melakukan penanaman Padi Kesehatan yang mana berasnya dapat bermanfaat sebagai penurunan stunting pada anak.

“Mohon doa dan dukungannya pak Bupati sehingga nanti ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat yang membutuhkannya”, jelasnya saat memberikan sambutan.

Sementara itu, di tempat terpisah Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas, Rovaniadi menyebutkan, bahwa pelatihan tersebut bertujuan mendorong ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk memanfaatkan perkarangan lahan rumah mereka yang sebelumnya kosong sebagai lahan penghasil pangan dalam memenuhi gizi pangan dan rumah tangga dan berlangsung selama 2 hari di tempat yang berbeda.

“Tujuan kita mengadakan pelatihan ini, dalam memenuhi gizi pangan dan berorientasi besar kepada pendapatan rumah tangga. Dan pelatihan ini berlangsung selama 2 hari di Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan dan Desa Piasan Kecamatan Siantan Utara,” sebutnya.

Selanjutnya dilakukan penanaman secara simbolis di halaman Kantor Bupati Kepulauan Anambas yang langsung dilakukan oleh Kepala BPTP Kepri, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan serta Ketua TP-PKK KKA. (KG/WNY)