Antisipasi Banjir Berulang, Dinas PUPRPRKP Anambas akan Lakukan Pemantapan Pekerjaan

Kepala DPUPRPRKP Kabupaten Kepulauan Anambas, Andyguna Kurniawan Hasibuan. (Foto: WNY)

ANAMBAS – Dalam upaya antisipasi banjir yang sering terjadi disekitar wilayah yang rawan pada pusat Ibukota Tarempa, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas akan melakukan beberapa perencanaan sebelum pemantapan pekerjaan dilaksanakan.

Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPRPRKP) Kabupaten Kepulauan Anambas, Andyguna Kurniawan Hasibuan.

“Untuk upaya yang dilakukan pemerintah dalam penanganan banjir, nantinya kita akan melakukan Detail Engineering Design (DED) pada tahun 2023 sebelum melaksanakan pekerjaan yang akan dijadikan prioritas pada tahun 2024,” jelas Andyguna, Senin (12/12/2022).

Dirinya juga mengatakan, adapun perencanaan yang dilakukan dalam upaya mengatasi banjir tersebut ialah dengan menata dan merombak sistem irigasi yang saat ini ada di kota Tarempa.

“Nantinya, kita akan membuat kolam retensi di sekitar batu tambun atau rintis yang berfungsi menahan air yang akan turun ke Kota Tarempa, kita juga akan pembangunan gorong-gorong dari SMP 2 langsung ke Waterfront City, membangun double box di bawah jalan untuk menambah pintu air keluar dari sungai langsung ke laut, juga melakukan rekonstruksi jembatan yang ada agar lebih modern dan tanpa tiang, agar tidak ada hambatan ketika air melewati bawah jembatan,” katanya.

Andyguna juga menyampaikan, hal ini akan dilaksanakan untuk program prioritas di tahun 2024, itupun menyesuaikan dengan kekuatan anggaran yang ada di Pemda Anambas.

“Kita tentu saja akan melakukan yang terbaik dalam upaya antisipasi banjir ini, namun kita juga berharap agar nantinya bisa terlaksana sesuai rencana, karena memang kita juga paham akan kekuatan anggaran pemerintah saat ini,” ucap Andyguna. (KG/WNY)