Babinsa Koramil 04/Letung Ikut Panen Padi bersama Warga

Tampak Serda Olih Solih saat membantu warga binaan panen padi. (foto:ist)

ANAMBAS – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di wilayah, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Letung-Kodim 0318/Natuna, Serda Olih Solih melaksanakan pendampingan panen padi warga binaan, di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (8/9/2022).

Padi yang dipanen jenis IR dengan luas kurang lebih 1,5 hektare adalah milik bapak Dayat dari warga Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur.

Serda Olih Solih menjelaskan, kegiatan yang rutin dilaksanakan ini merupakan tugas dari komando atas melalui perintah Danramil 04/Letung Kodim 0318/Natuna, Serma Fery Antony Sihombing, sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dan juga untuk menjalin silaturahmi.

“Kita melaksanakan kegiatan komsos rutin ini sesuai dengan perintah atasan. Tidak hanya terbatas pada kelompok masyarakat tertentu saja dalam melaksanakan kegiatan, namun seluruh lapisan masyarakat juga kita gandeng agar hubungan baik terus terjaga dengan baik,” jelas Serda Olih Solih.

Dirinya juga mengatakan, memang sudah kewajiban dalam tugas yang diembannya untuk selalu dekat dengan masyarakat dalam memberikan pengabdiannya, yang mana hal ini berfungsi sebagai pendekatan sosial kepada masyarakat.

“Sebagai abdi negara, kita selalu memberikan pelayanan yang terbaik juga menjaga silaturahmi bersama masyarakat dalam memberikan rasa aman dan nyaman, sehingga hubungan selalu terjaga dan meminimalisir kesalahpahaman,” ucapnya.

Sementara, Plh.Danramil 04/Letung, Serma Fery Antony Sihombing membenarkan anggotanya melaksanakan pendampingan panen padi di wilayah binaan.

“Salah satu tugas seorang Babinsa selain melakukan pembinaan wilayah yaitu melaksanakan kegiatan pendampingan kepada para petani dalam rangka mensukseskan ketahanan pangan,” katanya

Serma Fery Antony Sihombing menjelaskan, bahwa bidang pertanian merupakan salah satu faktor penting untuk mendorong meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Oleh karena itu, dengan pendampingan kepada para petani diharapkan hasil panen padi saat ini bisa maksimal sesuai yang diharapkan oleh para petani,” ucapnya.

Sementara itu, Dayat petani Desa Bukit Padi mengaku senang dan sangat terbantu dengan keberadaan Babinsa.

“Hari ini kami panen padi, alhamdulillah keberadaan bapak Babinsa sangat membantu mulai awal sampai selesai panen,” tuturnya. (KG/WNY)