Cek Informasi Tanah Kini Bisa di Aplikasi “Sentuh Tanahku”

Koordinator Pendaftaran Kantor BPN Kabupaten Kepulauan Anambas, Aminullah Alhakim, SH. (F:ist)

ANAMBAS – Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin mengetahui terkait informasi tanah maupun informasi lain dengan sistem online di android melalui aplikasi “Sentuh Tanahku” yang bisa didownload langsung di Playstore.

Kepala Kantor BPN melalui Koordinator Pendaftaran Kantor BPN Kabupaten Kepulauan Anambas, Aminullah Alhakim, SH mengatakan, bahwa aplikasi Sentuh Tanahku sudah ada sejak tahun 2019 dan terus dilakukan pengembangan.

“Aplikasi tersebut telah dihadirkan oleh Kementrian ATR/BPN pada 2019 lalu dan terus dilakukan pengoptimalan agar bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menggunakannya,” kata amin kepada wartawan, Rabu (15/12/2021).

Ia menjelaskan, untuk menggunakan aplikasi tersebut harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, sehingga nanti bisa diakses untuk keperluan informasi yang dimiliki dari si pendaftar.

“Pendaftaran di aplikasi menggunakan KTP, nanti di dalam aplikasi bisa mengakses layanan daftar informasi yang telah disediakan, baik itu layanan, syarat, biaya dan jangka waktu penyelesaian, bahkan rincian informasi sertifikat yang kita miliki,” jelasnya.

Amin juga menambahkan, aplikasi Sentuh Tanahku ini sekarang baru bisa untuk mengakses informasi, sementara untuk pendaftaran masih dilakukan manual dengan langsung menuju kantor BPN terdekat.

“Pendaftaran sementara masih offline dan kedepannya kemungkinan bisa melalui sistem online semua mengingat zaman yang semakin canggih,” tutupnya.(KG/WNY)