Cek Kehadiran Personel, Disdikpora Anambas Sidak Sejumlah Sekolah

Tampak Tim Disdikpora Anambas sidak ke salah satu sekolah. (Foto: WNY)

ANAMBAS – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Anambas bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa sekolah yang berada di Pulau Siantan pada Senin (2/1/2023) lalu.

Kepala Disdikpora Kabupaten Kepulauan Anambas, Tony Karnain menyampaikan kepada media ini, bahwa kegiatan sidak yang dilaksanakan bersama BKPSDM tersebut dalam rangka memantau personel yang masuk kerja seusai libur panjang di akhir tahun.

“Kita melakukan sidak untuk melihat personel yang hadir di hari pertama masuk kerja pada tahun 2023 ini,” jelas Tony ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/1/2023).

Tony juga mengatakan, kegiatan seperti ini tidak dilakukan tidak hanya awal tahun saja, tetapi ada monitoring yang dilakukan guna melihat kinerja para personel pendidikan yang bertugas pada hari-hari biasa.

“Kegiatan seperti ini pada hari biasa tetap kita lakukan. Namun, karena kemarin sudah libur panjang, jadi kita lebih menonjol ketika melakukan sidak,” katanya.

Sasaran kegiatan sidak yang dilaksanakan oleh Disdikpora bersama BKPSDM itu tentu saja dengan memberikan sanksi kepada para tenaga pendidik yang kedapatan tidak masuk, namun ada kelonggaran bila telah mendapatkan izin atau berada diluar kota yang transportasi untuk ke Anambas sedang tidak ada.

“Yang kedapatan absen pada hari pertama ini kita berikan sanksi berupa teguran, jika yang telah tersertifikasi tidak mendapatkan tunjangan sertifikasinya. Tujuannya kan baik, biar lebih disiplin juga namun tidak semua, yang telah memberikan informasi halangannya atau mendapatkan izin kita kasih dispensasi,” tambah Tony Karnain.

Tony berpesan, agar para tenaga pendidik dan kependidikan bisa bekerja dengan penuh semangat serta profesional, memberikan pengabdian agar citra para pendidik bisa semakin baik.

“Berilah citra bahwa para pendidik merupakan contoh yang baik bagi para pelajar, bekerja dengan ikhlas, penuh semangat dan profesional,” pesan Tony. KG-WNY