Cen Sui Lan Gas Dirjen Hubdat Bangun Tiga Pelabuhan di Kepri Tahun 2022

 

JAKARTA (Kepriglobal.com) – Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri senantiasa konsen memperhatikan pembangunan infrastruktur untuk Kepri.

Saat rapat dengar pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Kementerian Perhubungam (Kemenhub), Senin (30/8/2021) lalu, Cen Sui Lan langsung mengegas Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub, Budi Setiyadi agar merealisasikan pembangunan tiga pelabuhan di wilayah terdepan Provinsi Kepri.

Tiga pelabuhan penyeberangan wilayah terdepan ini berada di Kabupaten Anambas dan Natuna.

Cen Sui Lan menginginkan agar tiga pelabuhan wilayah terdepan NKRI di Provinsi Kepri ini, dibangun tahun anggaran 2022 nanti.

Tiga pelabuhan penyeberangan di wilayah terdepan NKRI ini, sangat diperlukan masyarakat Kepulauan Riau. Tiga pelabuhan penyeberangan itu yaitu pelabuhan penyeberangan di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas. Pelabuhan penyeberangan di Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas. Serta pelabuhan penyeberangan di Serasan, Kabupaten Natuna.

“Tiga pelabuhan penyeberangan itu selain berfungsi untuk pelabuhan roro, juga berfungsi untuk kapal penumpang Pelni dan kapal pesiar. Ini yang kita desak kepada Pak Dirjen saat RDP Komisi V DPR RI,” ujar Cen Sui Lan.

Menurut Cen Sui Lan, tiga pelabuhan penyeberangan ini merupakan sarana konektivitas antar wilayah perbatasan di Provinsi Kepri. Tujuannya tidak hanya memperlancar arus barang dan orang. Tapi, berfungsi untuk pengembangan sektor pariwisata di Anambas dan Kabupaten Natuna.

Sebab, lanjut Cen Sui Lan, sektor pariwisata di Kepri, merupakan stimulan pertumbuhan ekonomi di wilayah perbatasan NKRI, khusus di Kepri.

“Jadi saya minta Pemkab Anambas dan Pemkab Natuna, segera menyelesaikan beberapa persyaratan administrasinya,” ujar Cen Sui Lan. (KG/PAN)