Cen Sui Lan Tinjau Langsung PSN Bendungan Sei Gong, Tahun Ini Dapat Kucuran APBN Rp30 Miliar

Cen Sui Lan (tengah) didampingi Raja Mustakim, memberikan arahan kepada Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR, Tuti Suriarsih saat meninjau PSN Bendungan Sei Gong, Kamis (29/4/2021).

Cen Sui Lan (tengah) didampingi Raja Mustakim, memberikan arahan kepada Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR, Tuti Suriarsih saat meninjau PSN Bendungan Sei Gong, Kamis (29/4/2021)

BATAM – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Golkar daerah pemilihan (Dapil) Kepri, Cen Sui dalam melakukan fungsi pengawasannya tidak ingin menerima laporan saja atas program pembangunan infrastruktur dari dana APBN di Kepri.

Hal itu dibuktikan Cen Sui Lan meninjau pengisian air (impounding) dari program Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Sei Gong Kecamatan Galang, Kamis (29/4/2021).

Cen Sui Lan dalam menjalankan masa reses kunjungan daerah pemilihan (kundapil) ini ke PSN Bendungan Sei Gong ini, ditemani Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kepri Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Tuti Suriarsih. Turut hadir juga tenaga ahli DPR RI Victor Angsono dan staf BWS Provinsi Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR.

Dalam peninjauan ini Cen Sui Lan menjelaskan, Bendungan Sei Gong Batam tersebut merupakan satu dari 65 program proyek strategis nasional (PSN) yang dianggarkan multi years contrak (MYC), dari tahun anggaran 2015-2018. “Kegiatan sudah menghabiskan total anggaran mencapai Rp239 miliar. Tahun anggaran 2021 ini, ditambah anggaran sebesar Rp30 miliar,” ujar Cen Sui Lan, istri Raja Mustakim ini.

Foto bersama dari tower pemantauan PSN Bendungan Sei Gong Batam.

Cen Sui Lan menyampaikan, air baku Bendungan Sei Gong Batam berkapasitas 11,8 juta liter kubik. Jika sudah siap, bendungan ini mampu mendistribusikan air 400 liter per detik. Kapasitas ini bisa mendukungan penyediaan air baku untuk kebutuhan Kecamatan Galang dan kawasan industri yang akan dipersiapkan di daerah Rembang dan Galang (Relang). Selain itu, juga bisa untuk membekap kebutuhan air baku di Kota Batam secara keseluruhan.

Baca Juga: Cen Sui Lan Salurkan Aspirasi Etnis Tionghoa, Minta BPJN Kepri Perbaiki Jalan Rumah Duka

“Sekarang, sedang di-impounding (pengisian air) dan proses desalinisasi (penghilangan air laut/ asin), sudah ditataran 2,1. Sementara, standar untuk bisa dipergunakan air baku itu 0,2,” terang Cen Sui Lan.

Saat ini, Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Bendungan Sei Gong Batam terus bekerja memantau dan memonitor kualitas air baku. Sekarang, baru tergenang 3 meter dari kapasitas sampai ke level 12 meter. Setelah mencapai ketinggian 12 meter, baru bisa mencapai kapasitas 11,8 juta liter kubik di area 356 hektare, dengan luasan Sungai Gong seluruhnya mencapai 1.487 hektare.

“Peninjauan ke PSN ini, saya ingin memastikan proses percepatan pemanfaatan dari Bendungan Sei Gong Batam. Supaya masyarakat Kota Batam, tak krisis air lagi,” ujar Cen Sui Lan di sela peninjauan melalui tower Bendungan Sei Gong yang bisa memantau lokasi bendungan dari atas.

Cen Sui Lan (tengah) didampingi Raja Mustakim, memberikan arahan kepada Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR, Tuti Suriarsih memberikan penjelasan kepada Cen Sui Lan perkembangan PSN Bendungan Sei Gong, Kamis (29/4/2021).

Cen Sui Lan berharap, agar pihak Balai Wilayah Sungai Provinsi Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR sebagai mitra Komisi V DPR RI, agar pengelolaan Bendungan Sei Gong Batam ini dapat dilaksanakan dengan baik. Sehingga masyarakat Kota Batam mendapat jaminan pasokan air baku yang tercukupi, untuk 10 tahun mendatang.

Baca Juga: Cen Sui Lan Gunakan Diskresi untuk Pembangunan Jalan ke Golden City Bengkong

“Karena, negara sudah hadir dan membangun bendungan ini dengan biaya yang cukup besar, guna memenuhi kebutuhan dasar air bersih bagi masyarakat. Jadi, sebagai Anggota DPR, saya tidak mau mendengar lagi ada keluhan masyarakat tentang air bersih di Batam,” ujarnya.

Cen Sui Lan meminta kepada BWS Provinsi Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR, agar ‘mendrive’ pihak Badan Pengusahaan (BP) Batam dan mitra pengelola distribusi air bersih di Batam, untuk profesional bekerja. Serta memastikan kebutuhan dan kualitas pasokan air bersih di Batam, agar terpenuhi.

Kepala BWS Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR, Tuti Sutiarsih menjelaskan secara rinci tentang Bendungan Sei Gong, kepada Cen Sui Lan. Tuti Sutiarsih bersama belasan staf BWS Kepri berjanji akan melaksanakan program pengisian air dari Proyek Strategis Nasional Bendungan Sei Gong Batam, secara maksimal. (KG/PAN)

Be the first to comment on "Cen Sui Lan Tinjau Langsung PSN Bendungan Sei Gong, Tahun Ini Dapat Kucuran APBN Rp30 Miliar"

Leave a comment

Your email address will not be published.