Danlanud Raden Sadjad Natuna Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

NATUNA – Komandan Lanud Raden Sadjad (Danlanud RSA) Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC (J) memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Main Apron Lanud Raden Sadjad, Ranai Natuna, Provinsi Kepri, Kamis (1/6/2023).

Upacara tersebut diikuti oleh Seluruh personel gabungan dari Lanud Raden Sadjad, Satrad 212 Ranai dan Denhanud 477 Kopasgat Ranai.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam amanatnya dibacakan oleh Danlanud RSA yang bertindak selaku Inspektur Upacara mengatakan, Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi Bangsa Indonesia. Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945.

Setelah melalui proses diskusi yang mendalam, para founding fathers selanjutnya menyetujui Pancasila sebagai dasar negara yang sah serta dicantumkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

“Sebagai prajurit TNI, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan,” tegas Panglima TNI.

Lebih lanjut disampaikannya, Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini yakni “gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.” Tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa.

“Para prajurit sekalian untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila,” pesan Panglima TNI.

Usai upacara bertempat di VVIP Room Graha Serasan, Danlanud RSA mengikuti seluruh prajurit dan PNS di lingkungan TNI AU mengikuti jalannya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 secara terpusat di lapangan Monumen Nasional, Medan Merdeka, Jakarta Pusat, DKI Jakarta melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP laman Facebook BPIP Instagram BPIP dan siaran TV Nasional. (KG/IK)