DKUMPP Anambas Buka Pelatihan Kerja, Ini Daftar Kejuruan dan Syaratnya

Analis Khusus dan Pelatihan DKUMPP Anambas, Budi Mardhatillah. (Foto: WNY)

ANAMBAS – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUMPP) Kabupaten Kepulauan Anambas membuka kesempatan bagi warga Anambas, untuk bergabung dalam pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh Balai Latihan Kerja dan Peningkatan Produktivitas (BLKPP) Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala DKUMPP Anambas, Masykur melalui Analis Khusus dan Pelatihan, Budi Mardhatillah menjelaskan, kesempatan ini terbuka khususnya bagi seluruh masyarakat Anambas yang berusia 18 tahun hingga usia produktif.

“Sesuai permintaan BLKPP Provinsi Kepri, Anambas mendapatkan kesempatan agar masyarakatnya dapat bergabung dalam pelatihan kerja yang diselenggarakan pihak provinsi, hal ini tentu saja bagus, mengingat akan banyak manfaat yang didapatkan berikut dengan sertifikat sebagai tanda bukti,” jelas Budi, Kamis (29/12/2022).

Dia juga mengatakan, nantinya ada 6 daftar kejuruan pelatihan yang bisa diambil oleh masyarakat untuk mengikuti pelatihan, masing-masing dari pelatihan tersebut akan diambil 2 orang untuk diikutsertakan dalam kegiatan tersebut.

“Setiap kabupaten/kota di Kepri akan mendapat kuota 2 orang dari setiap jurusan, yang mana akan ada tes seleksi administrasi sebagai salah satu persyaratan mengikuti kegiatan BLK ini,” katanya.

Adapun daftar kejuruan pelatihan yang bisa diikuti oleh masyarakat ialah:

1. Pelatihan Teknisi Audio Video
2. Pelatihan Perawatan AC Split
3. Pelatihan Teknik Manufaktur (CAD)
4. Pelatihan Asisten Pembuat Pakaian
5. Pelatihan Practical Office Advance
6. Pelatihan Servis Sepeda Motor Injeksi

Sedangkan syarat yang harus dilengkapi sebelum melamar ialah sebagai berikut:

1. Laki-laki/perempuan diutamakan usia produktif (minimal 18 tahun dan tidak sedang sekolah)
2. Memiliki minat dan kemauan
3. Fotocopy KTP (4 lembar)
4. Fotocopy ijazah terakhir (4 lembar)
5. Fotocopy KK (4 lembar)
6. Pas foto 3×4 background merah (7 lembar)
7. Lulus tes seleksi (administrasi)
8. Wajib memiliki akun SIAPKerja/SISNAKER
9. Sanggup mengikuti pelatihan dari pagi hingga sore (Senin s/d Sabtu)
10. Diutamakan yang belum pernah mengikuti pelatihan di BLKPP

Budi menyampaikan, masyarakat yang lulus telah memenuhi syarat dan lulus tes administrasi, nantinya semua biaya pelatihan akan ditanggung atau gratis, begitu pula dengan mess, makan siang selama pelatihan berjalan, uang saku yang belum diketahui jumlahnya dan juga beberapa perlengkapan pelatihan.

“Kegiatan ini semua gratis dan telah ditanggung, masyarakat yang berhasil lolos seluruh persyaratannya tinggal membawa diri ke provinsi, tetapi ongkos transportasi dari Anambas memang tidak ditanggung, sedikit berkorban demi mendapatkan ilmunya saya rasa sepadan,” ucap Budi.

Untuk diketahui, bagi masyarakat yang berminat dan ingin mengirimkan persyaratan pendaftaran, dapat langsung menuju kantor DKUMPP Anambas yang saat ini berada di Jalan Tanjung Momong, tepatnya belakang SMA lama. Atau bisa menghubungi Budi Mardhatillah di nomor 082385014989. (KG/WNY)