Dukung Pelestarian Lingkungan, Marlin Resmikan Ekowisata Mangrove

Berfoto bersama. (Foto: humas)

BATAM – Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina mengajak masyarakat Kepri untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. Terlebih hutan mangrove, yang memberi banyak manfaat, baik untuk biota laut, maupun melindungi pulau-pulau di Kepri.

“Kepri ini mendapat anugerah yang luar biasa dengan ribuan pulau. Ekosistem mangrovenya sangat penting bagi kehidupan, baik biota laut maupun kita, karena itu teruslah kita jaga kelestariannya,” kata Marlin di Teluk Sepaku, Kelurahan Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Rabu (28/12/2022).

Pada kesempatan itu, Wagub Marlin juga meresmikan kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Ketapang, Bulang. Kawasan ini mengusung semangat sebagai tempat wisata dan edukasi mangrove. Pembangunan kawasan ekowisata ini merupakan bantuan CSR PT. Transportasi Gas Indonesia Regional Office IV Batam.

Ketua TP PKK Kota Batam ini berterima kasih kepada Transgasindo yang memfokuskan CSR-nya bagi pelestarian lingkungan. Juga untuk edukasi dan pariwisata.

“Selain punya destinasi baru, wisatawan juga bisa mendapat banyak ilmu dari ekosistem mangrove,” kata Ketua PIKORI BP Batam ini.

Marlin pun berkisah tentang persentuhannya dengan mangrove. Sebagai anak pulau yang lahir di Karimun, Marlin memang selalu berkelana di kawasan mangrove. Kadang bersampan dan aktivitas lainnya. Malah buah pedada, salah satu buah dari mangrove juga menjadi konsumsi Marlin dalam aktivitasnya.

Kepedulian-kepedulian terhadap kelestarian lingkungan kata Marlin, harus terus ditumbuhkembangkan. Untuk mangrove, kata Marlin malah Presiden Joko Widodo sangat peduli. Marlin pun bersama Presiden Jokowi pernah menanam mangrove di Batam.

“Kita harus peduli. Saya bersyukur dengan gerakan masyarakat yang peduli lingkungan,” kata Marlin. (KG/hum)