Jemaah Haji Anambas Tiba di Pelabuhan Tarempa

Tampak jemaah haji tiba dan disambut bupati serta Forkopimda Anambas. (Foto:ist)

ANAMBAS – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas bersama stakeholder dan TNI-Polri menyambut kepulangan jemaah haji ke Anambas dari tanah suci Mekkah, Rabu (27/7/2022).

Penyambutan dilakukan di Pelabuhan Sri Siantan Tarempa disambut dengan tepuk kompang serta tepung tawar. Turut hadir dalam penyambutan itu adalah Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Harris S.H, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto, S.E., M.Tr.Opsla, Kapolres Kepulauan Anambas, diwakili Iptu Gunawan Husein, SH, Pabung 0318 Natuna, Mayor. TH. Prabowo, Kepala Kemenag Anambas, Dr.H. Erizal, Ketua LAM Anambas, H. Ardhan.

Dalam sambutannya, perwakilan jemaah haji, H. Ardian menyampaikan poin penting tentang manasid haji, agar tidak ada kebingungan ketika melaksanakan ibadah haji. Karena, kesan yang paling mendalam adalah kebahagian yang tidak terhingga yang Allah SWT tanamkan ke hati dalam melaksanakan ibadah haji.

“Sebaiknya jamaah haji pada tahun-tahun berikutnya untuk mempelajari manasid haji yang telah Rasulullah ajarkan kepada kita semua. Agar ketika dalam proses rangkaiannya tidak terdapat kebingungan lagi bagi kita semua dalam melaksanakan ibadah haji,” kata H. Ardian.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH mengucapkan selamat kepada para rombongan yang telah selesai melaksanakan ibadah haji di Kota Mekkah selama 40 hari dalam keadaan sehat walafiat sampai di Anambas.

“Kami dari Pemkab Anambas mengucapkan selamat kepada bapak/ibu haji dan hajjah yang telah melaksanakan ibadah haji selama 40 hari dalam keadaan sehat dan selamat. Mudah-mudahan apa yang dilakukan pemerintah dari pemberangkatan sampai penjemputan dapat di terima dengan baik,” ucap Abdul Haris.

Dirinya menjelaskan, jumlah jemaah haji Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 1443 H / 2022 M yang kembali sebanyak 19 orang, terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan dan tiba dalam keadaan aman dan sehat.

“Jemaah haji kita seluruhnya sebanyak 19 orang dimana 1 orang sudah diberangkatkan ke Jemaja tadi siang, saya berharap para rombongan menjaga kesehatannya, pola makannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, saya berharap dinas kesehatan memantau kesehatan para rombongan jemaah haji,” jelasnya sambil mengimbau dinas terkait. (KG/WNY)