Kemenag Anambas Gelar Upacara dan Tasyakuran HAB ke-77

Bupati Abdul Haris Pimpin Upacara HAB ke-77 di Lapangan Upacara Kemenag Anambas. (Foto: Kastarani)

ANAMBAS – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-77, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar upacara dan tasyakuran yang berlangsung di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Rintis Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (3/1/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH., MH, dimana acara tersebut berlangsung khidmat serta dimeriahkan dengan drumband dari MTS Fatahillah Tarempa.

Dalam sambutan Menteri Agama Republik Indonesia yang dibacakan oleh Bupati Kepulauan Anambas selaku inspektur upacara, menyampaikan bahwa rasa syukur sepatutnya kita panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan rahmat, karunia, dan anugerah-Nya kepada kita sekalian.

“Hari ini kita telah memasuki Tahun Baru 2023. Tahun baru bukan sekadar penanda berakhirnya kalender tahun kemarin dan dimulainya kalender baru, namun bagi insan Kementerian Agama RI, setiap pergantian tahun selalu memiliki makna khusus,” ucap Abdul Haris.

Dirinya juga mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Dengan menjadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

“Kementerian Agama telah terlihat berubah. Birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama. Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai pusat hingga daerah,” tambahnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Kabupaten Kepulauan Anambas itu juga menyampaikan bahwa, semua itu merupakan upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama juga terus berprestasi, di level nasional dan internasional.

“Bukti bahwa Kementerian Agama telah berubah, diakui dan diapresiasi oleh kementerian/lembaga dan publik, kita diganjar lebih dari 22 penghargaan pada tahun 2022 lalu. Kita jaga prestasi di atas. Dan tahun ini, harus lebih baik dari tahun kemarin,” tambahnya.

Turut pada upacara tersebut yaitu Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas Dr. H. Erizal, MH beserta seluruh pejabat dan pegawai, forkompimda, Ketua MUI, Ketua FKUB, Ketua LAM, Ketua BAZNAS, Ketua DWP, Camat Siantan, seluruh kepala KUA se-Kabupaten Kepulauan Anambas, seluruh kepala madrasah, serta tokoh lintas agama dan seluruh siswa madrasah. (KG/Kastarani)