MTQ Tingkat Provinsi Kepri di Anambas Bakal Gunakan E-Juri

Tim Diskominfotik Anambas menggelar rapat persiapan MTQ ke IX Tingkat Provinsi Kepri. (foto:ist)

ANAMBAS – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke IX tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tahun 2022 akan diselenggarakan di Kabupaten Kepulauan Anambas yang mana merupakan tuan rumah pada festival umat Islam dalam menggaungkan Al-Qur’an.

Berbagai persiapan terus digesa Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas demi mensukseskan MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022, salah satunya Dinas Kominfo dan Statistik yang terus berupaya mewujudkan transparansi informasi dengan penyebarluasan publikasi dan dokumentasi setiap kegiatan.

Japrizal, S.Kom., MA juga mengatakan pihaknya telah menyiapkan aplikasi E-Juri yang mana penilaian akan disiarkan secara streaming dalam penyelanggaraan MTQ kali ini. Aplikasi untuk penilaian secara online ini disupport oleh tim Diskominfo Provinsi Kepri.

“Aplikasi ini kami kembangkan, kami duplikasi dengan bantuan tim teknis atau tenaga ahli provinsi, sehingga aplikasi ini dapat kita terapkan dalam pertandingan-pertandingan MTQ nanti,” jelas Japrizal.

Diketahui saat ini Dinas Kominfotik Anambas sedang membangun jaringan optik melalui kabel bawah tanah melewati kawasan Masjid Agung Baitul Ma’mur sampai ke astaka.

“Sekarang dalam proses pergelaran kabelnya yang nantinya jaringan tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan bandwidth mendukung E-Juri,” jelas Japrizal.

Japrizal mengatakan, nantinya dalam pelaksanaan MTQ akan ada siaran langsung melalui saluran televisi dan live streaming peliputan dokumentasi acara pembukaan yang mana juga membutuhkan kapasitas internet yang tidak sedikit dan membutuhkan kapasitas yang maksimal.

Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan tuan rumah jadi dalam pelaksanaannya harus digaungkan dengan memperlihatkan dan memperkenalkan ke daerah luar baik kepada masyarakat Kepri maupun nasional mengenai keindahan Anambas. Hal tersebut dibutuhkan dukungan dengan tersedianya jaringan internet.

“Melalui media sosial, akun resmi pemda, kanal Youtube maupun Facebook, dan kanal tv lain, RRI (Radio Republik Indonesia), media massa yang tersedia di Anambas, dan TV Kepri akan ikut membantu menyiarkan siaran langsung gawai keagamaan tersebut sehingga kita dapat dan disebarluaskan dalam kata lain kegiatan ini kita viralkan agar dapat disaksikan dari Sabang hingga Merauke,” papar Japrizal.

“Kita juga disuppport oleh TV Kepri dan alhamdulillah TV Kepri mendukung agenda tersebut, nantinya tim TV Kepri akan turun membantu peliputan dan dokumentasi melalui kanal TV dan Youtube. Selain itu dari RRI juga akan datang meliput langsung,” ungkap Japrizal.

Japrizal mengungkapkan hal ini dilakukan agar seluruh masyarakat Kepri dapat menikmati dan mengikuti jalannya kegiatan MTQ IX tingkat Provinsi Kepri dari berbagai saluran yang tersedia.

“Selain itu, penyebarluasan informasi patut kita lakukan dizaman digitalisasi seperti saat ini. Media sosial berperan penting dalam hal itu. Kendati demikian agar dapat sekiranya kepada seluruh masyarakat maupun pejabat di Provinsi Kepri untuk dapat memasang twibbon MTQ IX yang telah tersedia di medsos masing-masing, hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan mensukseskan serta menginformasikan kesiapan Anambas menjadi tuan rumah,” tutup Japrizal. (KG/WNY)