Pemdes Tarempa Selatan Gelar Musrenbang, Hasilkan Lima Program Prioritas

Pelaksanaan Musrenbangdes di Aula Rapat Kantor Desa Tarempa Selatan, Sabtu (4/2/2023). (Foto: kastarani)

ANAMBAS – Pemerintah Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2024, untuk membahas dan menyepakati program pembangunan paling bawah, dengan tujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun program pembangunan tahunan ditingkat kecamatan.

Hal itu dikatakan Camat Siantan melalui Kasi Pemerintah Desa Sekretariat Kecamatan Siantan, Eva Susiani ketika membuka pelaksanaan Musrenbangdes Tarempa Selatan tahun 2024, Sabtu (04/02/2022).

“Silahkan dipilih 5 program prioritas untuk dimasukkan ke Musrenbang tingkat kecamatan. Walaupun nanti kelima prioritas tersebut belum dapat dipastikan untuk masuk dalam Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang di tingkat Kabupaten,” kata Eva Susiani saat pelaksanaan Musrenbangdes di Aula Rapat Kantor Desa Tarempa Selatan.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Tarempa Selatan, Surianto dalam sambutannya mengatakan, bahwa Musrenbangdes merupakan kegiatan rutin tahunan dan merupakan kewajiban untuk diadakan, sehingga perencanaan dapat terpadu antara program desa dengan kecamatan.

“Untuk itu, kita juga harus sesuaikan dengan tema Musrenbang Kabupaten yaitu” Penguatan SDM, Ketahanan Ekonomi, Serta Pengembangan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien dan Transparan”,” ujar Surianto.

Sementara, Sekretaris Desa Tarempa Selatan, Rahman dan juga selaku moderator Musrenbangdes memaparkan program-program usulan untuk dijadikan prioritas untuk dibawa ke tingkat Musrenbang Kecamatan.

“Selanjutnya, kita akan meminta delegasi 5 orang perwakilan,¬†diharapkan agar delegasi dari desa yang berjumlah 5 orang itu benar-benar dapat mempertahankan program di Musrenbang Kecamatan nanti,” ucap Rahman.

Dengan mencermati program-program yang ada RPJMDes dan melalui prosedur sebagaimana yang telah ditetapkan, akhirnya disepakati program-program apa saja yang menjadi prioritas dan akan masuk ke dalam RKPDes Tahun Anggaran 2024.

Berikut 5 program prioritas hasil Kesepakatan pada Musrenbangdes Tarempa Selatan:

1. Pembangunan Gedung Qur’an Center
2. Pembangunan Stadion Olahraga
3. Pengadaan Lahan Pasar Desa
4. Pembangunan Jalan Dari Tempat Pemakaman Umum (TPU) RT 006 ke Tanah Rubuh/Pesantren RT 008
5. Pembangunan Jalan Gang Kuburan RT 011/RW 004 Rintis

Musrenbangdes tersebut dihadiri Kades beserta perangkat desa, ketua BPD Tarempa Selatan, tenaga ahli atau pendamping kecamatan dan desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan dan tokoh kebudayaan serta tokoh perempuan, kader posyandu, PKK, Pihak kecamatan, Babinsa Koramil 02/Tarempa. (KG/kastarani)