Pemkab Anambas Rayakan HKGN Tahun 2022

Foto bersama Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH saat kegiatan HKGN di Lapangan Sepakbola Sulaiman Abdullah. (foto:ist)

ANAMBAS – Sempena peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia Kepulauan Riau mengelar acara sikat gigi serentak secara nasional pada Senin (12/9/2022) di lapangan Sepakbola Sulaiman Abdullah Tarempa.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kepulauan Anambas, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, FKPD, Kepala OPD, instansi vertikal, dokter gigi, perbankan dan ormas.

Adapun rangkaian acara Sikat Gigi Nasional Tahun 2022 kali ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti para peserta sikat gigi bersama siswa/siswi, PAUD, TK dan Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Siantan.

Tema pada kegiatan sikat gigi bersama anak sekolah dasar se-Kabupaten Kepulauan Anambas adalah “Pulih bersama dengan Senyum Sehat Indonesia”.

Pada kesempatan itu, Bupati Kepulaun Anambas, Abdul Haris, SH dalam sambutannya menyampaikan, bahwa gigi dan mulut merupakan organ penting manusia sehingga dapat membantu mencerna makanan dengan baik.

“Beberapa penyakit di tubuh bisa terdeteksi melalui rongga mulut. Untuk itu, gigi dan mulut merupakan organ penting manusia, sehingga pendidikan usia dini tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut harus terus digelorakan kepada anak-anak oleh karena itu kegiatan sikat gigi bersama merupakan kegiatan yang positif dan semoga menjadi awal baik bagi Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi sehat dan sejahtera,” sebutnya.

Melalui acara ini para dokter gigi memberikan edukasi tentang bagaimana tata cara yang baik dan benar kepada anak-anak terkait menjaga kesehatan mulut dan gigi kepada siswa-siswi yang hadir.

Dokter Gigi RSUD Palmatak, Windra Sp KGA juga menjelaskan, bahwa menurut penelitian terbaru ternyata ada kaitan antara stunting dengan tingkat kerusakan gigi pada anak-anak.

“Kegiatan ini diharapkan dapat ikut membantu mengurangi angka stunting yang merupakan bagian program prioritas pemerintah di bidang kesehatan,” jelas Drg Windra, Sp.KGA

Kabupaten Kepulauan Anambas sampai saat ini masih memegang rekor peserta terbanyak se-Indonesia dimana saat dikumpulkan jumlah peserta di satu lokasi berjumlah sekitar 900 orang peserta.

Pada kesempatan tersebut bupati juga menyerahkan hadiah kepada siswa/siswi yang dapat menjawab pertanyaan dari sebagai bentuk edukasi serta memberikan semangat bagi peserta. (KG/WNY)