Pemprov Kepri Serahkan Bantuan Bus untuk SMKN 6 Batam

Bantuan bus yang diserahkan oleh Pemprov Kepri kepada SMKN 6 Batam. (foto:ist)

BATAM – Pemerintah Provinsi Kepri menyerahkan bantuan dua unit bus untuk transportasi dan juga praktek siswa. Penyerahan dilakukan langsung Gubernur Kepri Ansar Ahmad bertempat di SMKN 6 Kabil Kota Batam, Senin (1/8/2022).

Menurut Gubernur Ansar, bantuan transportasi  bus yang diserahkan meski bukan bus baru tetapi masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan anak-anak bersekolah dan juga untuk pelatihan praktek anak-anak disini.

Dikatakan Gubernur Ansar, keberadaan SMK memang sengaja dilahirkan pemerintah untuk bisa mencetak anak-anak yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus, agar saat mereka selesai dari sekolahnya, bisa langsung diterima di dunia kerja.

“Dan saya yakin selesai dari sini anak-anak bisa langsung masuk dunia kerja,” jelasnya.

Apalagi sambung Gubernur Ansar, SMKN 6 telah bekerjasama dengan sejumlah mitra industri. Dimana mereka adalah perusahaan yang memang memberikan perhatian bagi terciptanya tenaga muda penuh skill, sesuai yang dibutuhkan perusahaan.

Gubenur Ansar juga meminta, agar kerjasama dengan sejumlah mitra industri ini terus diperluas lagi. Agar memberikan banyak kesempatan anak-anak mendapatkan lebih banyak lagi kemampuan meningkatkan kompetensinya.

Diakhir sambutannya Gubernur Ansar juga meminta kepada para guru untuk tidak sekedar berperan mentransfer ilmu semata. Tapi lebih dari itu, guru juga harus mampu menjadi fasilitator sekaligus mentor yang baik bagi anak didiknya.

Sementara Kepala Sekolah SMKN 6 Batam Deden Suryana mengatakan terimakasih atas bantuan dua bus yang masing-masing akan digunakan untuk transportasi dan praktikum. Sebagai sekolah unggulan, memang pihaknya terus berupaya melahirkan anak-anak dengan kemampuan yang dibutuhkan perusahaan selaku mitra industri.

“Sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan, SMKN 6 diyakini akan mampu menghasilkan tenaga kerja kompeten tingkat menengah yang siap bekerja untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha, industri, berwirausaha, hingga terus melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” jelas Deden.

SMKN 6 Batam sendiri memiliki kompetensi keahlian seperti jurusan, teknik alat berat, teknik pemesinan dan teknik pengelasan. Juga ada jurusan teknik komputer jaringan, teknik kendaraan ringan dan teknik alat berat.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pendatanganan kerjasama antara SMKN 6 dengan sejumlah mitra industri. Mulai dari PT  Citra Tubindo TBK, PT Toyota Agung, PT Batam Bafering Shipyard,   PT CPPI,  PT Louis Alain dan PT Fiber Networking Indonesia.  (KG/hum)