Penetrasi Internet Makin Dalam Memengaruhi Manusia, Diskominfo Kepri Berikan Anugerah Diseminasi Informasi

Kadis Kominfo Pemprov Kepri, Zulhendri (atas) dan peserta anugerah diseminasi informasi secara tradisional melalui media sosial, digelar di Studio Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Kepri, Jalan Basuki Rahmat Tanjung Pinang, Kamis (28/10/2021).

TANJUNG PINANG (Kepriglobal.com) – Revolusi industri 4.0 ditandai digitalisasi informasi, bagaikan arus besar yang tak bisa dilawan. Bahkan, makin dalam mempengaruhi kehidupan  sosial, ekonomi, dan politik dunia global.

Seiring dengan itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemprov Kepri, memberikan penghargaan kepada kelompok masyarakat pegiat media sosial.

Penghargaan ini dikemas dalam acara “anugerah diseminasi informasi secara tradisional melalui media sosial”, digelar di Studio Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Kepri, Jalan Basuki Rahmat Tanjung Pinang, Kamis (28/10/2021) siang.

Penerima penghargaan adalah personal di dalam kelompok masyarakat yang sebelumnya telah menyertakan karyanya dalam perlombaan, melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Pemprov Kepri, 16 April sampai 17 Oktober 2021.

Karya yang diperlombakan berupa video atau V-log dengan tema “Kepri Pulihkan Perekonomian Lewat Vaksinasi Covid-19”.

“Karya yang disertakan diunggah di media sosial Instagram. Penilaian berdasarkan jumlah like terbanyak,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kepri, Zulhendri dirilis Kominfo.kepriprov.go.id di Tajung Pinang, Kamis (28/10/2021).

Penerima anugerah masing-masing pemilik akun IG @dikayosune sebagai juara I. V-log berjudul “Vaksin Covid-19 song!” dilihat 16.200 viewer dan disukai 4.011 orang.

Juara kedua @wynandhika.s. V-log berjudul “Vaksin untuk kita dan Indonesia!” ditonton 3.722 viewer dan disukai 442 orang.

Juara ketiga pemilik akun @windawardhani91. V-log berjudul “Susah yee kalau ngeluh terus tapi ga ada action!” yang diunggahnya ditonton 245 viewer dan disukai 58 orang.

Kadis Kominfo Pemprov Kepri, Zulhendri, mengatakan, saat ini internet semakin berperan penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik di dunia global.

“Setiap tahun internet semakin dalam memengaruhi kehidupan umat manusia. Tak dapat disangkal, teknologi ini telah merubah peradaban dunia dengan cepat,” ujar Zulhendri.

Diuraikan Zulhendri, penyebaran informasi melalui internet utamanya di media sosial menjadi yang paling mudah, cepat dengan sasaran yang lebih luas.

Indikantornya, kata dia, dapat dilihat dari survei  Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Pada awal 2021 ini, pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa, meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan Januari 2020 lalu.

“Jika dibanding total jumlah penduduk Indonesia sebanyak 274,9 juta jiwa, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen,” terang Zulhendri.

Sama halnya dengan Provinsi Kepri. Zulhendri menyatakan, pengguna internet di Kepri terus mengalami peningkatan.

Dari total penduduk Kepri 2,2 juta jiwa,  lebih dari 1,9 juta atau 87 persen telah menggunakan internet.

“Berdasarkan latar belakang itulah, Diskominfo Pemprov Kepri berinisiasi menyelenggarakan diseminasi informasi, melalui media tradisional berupa lomba video atau V-log,” pungkas Hendri.

Diseminasi Informasi adalah penyebaran informasi secara timbal balik dari pemerintah pusat/ daerah, baik diminta ataupun tidak, yang dilakukan melalui media massa atau media sosial serta media komunikasi/lembaga-lembaga komunikasi lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, James Simon Pattikawa, menjelaskan, tujuan diadakan kegiatan ini di antaranya memanfaatkan lomba di media sosial sebagai ajang perluasan informasi yang efektif dan efisian. Serta memberdayakan masyarakat Kepri dalam memperluas akses informasi.

“Tentunya kami berharap kegiatan serupa, dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” tutupnya. (kg/pan)