Saber Kelurahan Tarempa Bersihkan Sampah di Sekitar Sungai Sugi

Tampak Tim Saber Bersama Kelurahan Tarempa Saat Membersihkan Daerah Sungai Sugi. (Foto: ist)

ANAMBAS – Sabtu Bersih (Saber) merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh pihak Kelurahan Tarempa setiap hari Sabtu, kali ini menyasar di daerah yang rawan banjir sekitar Sungai Sugi Tarempa, Sabtu (5/11/2022).

Lurah Tarempa, Samsir menjelaskan, kegiatan kali ini menyasar di dua titik yaitu Jalan Patimura dan Jalan Tongkol bersama para personel Satpolairud Polres Kepulauan Anambas, ibu PKK Kelurahan Tarempa, KJK dan juga BPBD Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Tim Saber membersihkan atau mengangkat bangkai kapal pompong dan sampah yang berada di Sungai Sugi guna memperlancar saluran air agar tidak terhambat,” jelas Syamsir.

Dirinya juga mengatakan, dengan adanya pembersihan bangkai kapal kayu yang berada di Sungai Sugi dan titik jalur air guna antisipasi terjadinya banjir susulan yang dari gunung juga penyakit.

“Tim kita juga membersihkan gorong-gorong atau got yang tersumbat air, apalagi beberapa waktu ini telah beredar kabar bahwa di Anambas sudah ada kasus DBD, makanya kami tim Saber dan BPBD langsung sigap agar tidak terjadi musibah penyakit dimusim penghujan ini,” kata Syamsir.

Samsir mengimbau kepada masyarakat Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan khususnya untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarang juga membersihkan bak air untuk mencegah terjadinya DBD.

“Kita menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat apalagi di sungai, menjaga kebersihan dan khusus untuk yang punya kapal pompong agar tidak memarkirkan kapalnya di daerah Sungai Sugi, ini juga kita buatkan surat edaran,” himbau Syamsir. (KG/WNY