Tegakkan Kepatuhan Peserta, BPJS Anambas Gelar Sosialisasi bersama Kejari Natuna

ANAMBAS – BPJS Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas menyelanggarakan kegiatan Sosialisasi Terpadu dan Mediasi Penegakan Kepatuhan tertib administrasi pendaftaran, penyampaian data, dan pembayaran iuran kepada Badan Usaha yang terdaftar program JKN-KIS.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas Dewi Ria Elvira menyampaikan, kegiatan yang juga dihadiri Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program JKN dan Menjalankan norma jaminan sosial berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2011 yaitu kewajiban pemberi kerja untuk mendaftarkan dirinya dan pekerja berikut anggota keluarganya dengan data yang lengkap dan benar, serta membayar dan menyetor iuran yang menjadi tanggungjawabnya.

Dewi juga menjelaskan jika upaya sosialisasi telah dilakukan namun masih terdapat Badan Usaha yang belum patuh daftar dan membayar iuran, maka akan dilakukan upaya mediasi oleh Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa agar Badan Usaha menjadi patuh dalam pelaksanaan program JKN KIS sesuai dengan perundang-undangan.

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa yang diwakilkan oleh Alvin ini menjelaskan, dasar dari pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya dukungan bahkan pendampingan hukum bagi BPJS Kesehatan di bidang jaminan sosial serta berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan untuk melaksanakan sosialisasi bersama mengenai penegakan kepatuhan Pendaftaran, Penyampaian data dan pembayaran iuran Program JKN.

‘’Harapan kami dengan adanya Sosialisasi dan Penegakan Hukum ini dapat meningkatkan angka kepatuhan dan lebih mengoptimalkan pelaksanaan Program JKN di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas ini,” ujar Alvin. KG/RIL