Terima Kunjungan Pemkab Jembrana, Rudi Bagikan Tips Majukan Daerah

Wali Kota Batam Muhammad Rudi menerima kunjungan rombongan Pemerintah Kabupaten Jembrana di Lantai 4 Kantor Walikota Batam, Senin (29/5/2023). (Foto: humas)

BATAM – Wali Kota Batam Muhammad Rudi menerima kunjungan rombongan Pemerintah Kabupaten Jembrana di Lantai 4 Kantor Walikota Batam, Senin (29/5/2023).

Pada kesempatan ini, Rudi memaparkan perihal masifnya pembangunan Kota Batam. Dari infrastruktur jalan, pengembangan bandara, hingga pelabuhan. Tak lain ini dilakukan guna mendukung gerak ekonomi.

“Bicara kesejahteraan rakyat, tentunya bicara pembangunan kota,” imbuhnya.

Pembangunan kota tentu saja akan menstimulus ekonomi. Sederhananya, kata Rudi, kota yang maju akan ramai dikunjungi wisatawan dan menarik minat penanam modal.

“Kita bisa lihat negara-negara maju, infrastruktur ini penting. Makanya di era saya, kami kembangkan daerah ini dimulai dari infrastruktur. Ini yang kami buka hari ini,” ujarnya.

Tak hanya aksesbilitas utama. Di tingkat kelurahan juga tak luput dari pengembangan. Ini dikembangkan melalui program inovatif, Pembangunan Sarana Prasarana Kelurahan (PSPK), yang nilainya naik saban tahun dan kini mencapai Rp 3 miliar lebih per kelurahan.

“Jadi akses seluruh kecamatan saya buka. Sudah terkoneksi semua. Kalau sudah demikian ekonomi akan tumbuh,” sebutnya.

Selain saat ini, pembangunan Batam juga terus berjalan saat pandemi COVID-19 merebak beberapa waktu lalu. Sebagai daerah yang mengandalkan jasa dan berbatasan langsung dengan negara lain, tentu saja Batam sangat merasakan dampaknya.

Ia berkisah perihal kebijakannya yang tidak ingin menutup industri saat pandemi. Sebagai gantinya, penerapan protokol kesehatan harus diperketat.

“Kalau saat itu ditutup, karyawan akan banyak yang menganggur,” imbuhnya.

Ia mengaku bersyukur, keputusannya tersebut membuahkan hasil. Dibantu forkopimda, TNI Polri dan kompaknya masyarakat, industri dan penanganan covid kemudian dijalankan secara bersama.

“Alhamdulilah penanganan COVID-19 di Batam adalah yang terbaik,” kata Rudi.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan terimakasih karena rombongannya telah diterima dengan baik.

Kedatangan rombongannya tak lain untuk belajar dari Batam, sehingga dapat diterapkan di Jembrana.

“Kita melihat Batam sudah sangat sukses (kembangkan daerah),” ucap dia. (KG/red)