Tingkatkan Perekonomian, UP2K PKK Kecamatan Siantan Jalani Penilaian

Salah satu kelompok UP2K yang mengikuti perlombaan. (foto:ist)

ANAMBAS – Kegiatan lomba penilaian Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Kecamatan Siantan diselenggarakan di Desa Pesisir Timur, dalam rangka HKG-PKK tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas dan dihadiri oleh tim penilai dari kabupaten untuk memberantas kemiskinan ditingkat lemahnya ekonomi dalam rumah tangga, Kamis (7/7/2022).

Ketua TP PKK Kecamatan Siantan Hj. Syarifah Nuraini menjelaskan, UP2K merupakan salah satu kegiatan yang sangat strategis, khususnya dalam mendukung pemberdayaan ekonomi keluarga, untuk mewujudkan dan mendorong ekonomi yang berpihak kepada keluarga.

“Penilaian terhadap kelompok UP2K ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta pemahaman dan motivasi bagi ibu-ibu, untuk terus meningkatkan kegiatan berusaha, baik secara perorangan maupun kelompok. Maksud dan tujuan diadakan kegiatan penilaian UP2K adalah dapat meningkatkan dan mengembangkan lapangan pekerjaan yang didukung oleh potensi dan kesediaan bahan baku serta teknologi lokal. Dengan demikian, tingkat kesejahteraan seluruh anggota kelompok UP2K dapat terus meningkat dan menumbuhkembangkan pendapatan keluarga dan tercapainya peningkatan usaha ekonomi keluarga melalui usaha perorangan atau kelompok UP2K, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga serta mencegah kemiskinan,” jelas Hj. Syarifah Nuraini.

Ia juga menyampaikan, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman tentang kemampuan dan kualitas kerja dalam melaksanakan kegiatan usaha ekonomi keluarga serta meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk membina kelompok usaha ekonomi keluarga, serta menumbuhkan kelompok-kelompok usaha ekonomi untuk menunjang kelancaran dan keberlangsungan usaha.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh seluruh anggota kelompok UP2K. Diantaranya produk yang dihasilkan harus benar-benar diminati oleh masyarakat luas sehingga berkelanjutan dan cepat menghasilkan serta memanfaatkan potensi yang ada di daerah tersebut. Kualitas dan kemasannya juga harus bagus dan menarik,” ucapnya.

Hj. Syarifah Nuraini berharap, selama perlombaan penilaian bukan hanya belajar bagaimana menyusun administrasi yang benar dan memproduksi produk lokal, namun juga belajar bagaimana menjadi kader yang baik.

“Saya berharap, setelah mengikuti lomba penilaian UP2K ini dapat menjadi yang terbaik karena antusiasme para kader PKK cukup luar biasa, dapat bekerja dengan penuh tanggung jawab dan semangat dan mampu memberikan pembinaan khususnya di PKK tingkat desa,” harap Hj. Syarifah Nuraini.

Dia juga mengucapkan terimakasih atas semua ilmu dan pengetahuan yang telah diberikan kepada mereka. Dia berharap, setelah kita selesai dari proses penilaian ini, kita dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat dan bisa kita terapkan pada pokja masing-masing

“Terimakasih yang sebesar-besarnya juga kepada tim penilai dari Kabupaten Kepulauan Anambas yang sudah memberikan masukan dan ide yang cukup baik demi kemajuan UP2K PKK, dan terimakasih kepada seluruh kader PKK, baik tingkat kecamatan, kelurahan dan desa yang sudah berpartisipasi dalam pelombaan tersebut. Saya banggakan sekali atas kinerja yang sudah lakukan oleh para kader. Semoga semua ilmu yang didapatkan bisa diterapkan,” ucapnya. (KG/WNY)