Usai Libur Lebaran, Rudi Langsung Kerja Tinjau Revitalitasi Pelabuhan Batuampar

Kepala BP Batam, H Muhammad Rudi (menunjuk) meninjau revitalitasi Pelabuhan Batuampar, Senin (17/5/2021).

Kepala BP Batam, H Muhammad Rudi (menunjuk) meninjau revitalitasi Pelabuhan Batuampar, Senin (17/5/2021).

BATAM – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menunjukkan jati dirinya tipikal pekerja keras. Begitu masuk kerja setelah libur lebaran, Rudi langsung tancap gas meninjau proses revitalisasi Pelabuhan Batuampar, Senin (17/5/2021) pagi.

Kedatangan Rudi ke pelabuhan ini, didampingi sejumlah pejabat BP Batam. Di antarnya Anggota Pengusahaan BP Batam Syahril Japarin; Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam Dendi Gustinandar, dan pejabat otoritas pelabuhan.

Rudi di pelabuhan ini, melihat langsung pembongkaran pergudangan Persero yang berada di bagian Utara pelabuhan. Rudi mengungkapkan, di area dalam pelabuhan nanti tak ada lagi bangunan. Semua area darat digunakan sebagai tempat menyusun kontainer.

“Kalau revitalisasi pelabuhan ini siap, semua bangunan di sini tak ada lagi. Termasuk perkantoran akan kita pindahkan. Area pelabuhan akan dimaksimalkan. Tak seperti pelabuhan zaman dulu lagi,” beber Rudi.

Revitalitasi Pelabuhan Batuampar ini, masih Rudi, tujuannya untuk meningkatkan pengelolaan pelabuhan yang lebih baik dan berdaya saing.

“Semua diperbaharui, termasuk alat angkat. Pelabuhan akan dipagar, supaya area steril dan tak boleh orang yang tak berkepetingan masuk ke area pelabuhan,” tegas Rudi.

Selain revitalisasi pembangunan fisik, dibangun juga sistem yang nantinya dapat mengontrol secara cepat, mulai dari jadwal kedatangan kapal, pembongkaran, dan alur ke luar masuk barang.

Kepala BP Batam, H Muhammad Rudi menanyakan progres revitalitasi Pelabuhan Batuampar, Senin (17/5/2021)

Sistem itu akan terhubung dengan Batam Logistics Ecosystem (BLE) yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

“Sedang kita siapkan aksesnya, sehingga secara sistem bisa menghitung waktu kedatangan, bongkar muat, dan kapal ke luar akan tahu,” terang Rudi.

Rudi optimis, revitalitasi ini bisa meningkatkan proses bongkar muat di Pelabuhan Batuampar. Sehingga, ekonomi bisa meningkat jika proses ke luar masuk barang lancar.

“Pembangunan dilakukan bertahap sesuai anggaran. Tahun ini lelang container crane. Karena dua alat yang ada saat ini masih sewa,” ujar Rudi.

Rudi berharap, pengembangan pelabuhan ini merupakan salah satu dari sekian lompatan besar yang akan dilakukan di Batam. Hasil akhirnya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Batam. (KG/PAN)

Be the first to comment on "Usai Libur Lebaran, Rudi Langsung Kerja Tinjau Revitalitasi Pelabuhan Batuampar"

Leave a comment

Your email address will not be published.