Wakil Bupati Anambas Buka Pelatihan Susenas

Wabup Anambas Wan Zuhendra saat mengalungkan kartu tanda peserta pelatihan Susenas. (Foto:ist)

ANAMBAS – Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra membuka pelatihan petugas Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) di Aula Anambas Iin, Desa Sri Tanjung, Kecamatan Siantan, Selasa (22/2/2022).

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra dalam sambutannya berharap peserta pelatihan petugas Susenas mengikuti seluruh materi pelatihan, sehingga dalam melaksanakan tugas di lapangan nantinya tidak akan mengalami kesulitan.

“Kami (Pemkab Anambas) sangat mendukung kegiatan ini, karena nantinya akan membantu kelencaran dalam mengelola ekonomi masyarakat serta keterbukaan informasi publik dapat dengan mudah dikonsumsi oleh masyarakat di Kepulauan Anambas,” harapnya.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra juga mengucapkan selamat kepada Desa Sri Tanjung yang telah dinobatkan sebagai salah satu Desa Cinta Statistik tahun 2021 oleh BPS Pusat.

“Kami juga ucapkan selamat buat Desa Sri Tanjung yang mendapatkan kepercayaan sebagai salah satu dari 100 desa di Indonesia yang mendapatkan pembinaan aparatur desa,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala BPS Kabupaten Kepulauan Anambas, Adi Cahyadi menjelaskan, Susenas tersebut merupakan salah satu sumber data sosial ekonomi rumah tangga yang penting di Indonesia. Karena hal tersebut digunakan oleh kalangan di seluruh dunia. Jadi secara khususnya sasaran kegiatan ini adalah tersedianya data pokok tentang kesejahteraan masyarakat pada tingkat kabupaten/kota, terhimpunnya data rinci tentang perumahan dan kesehatan pada tingkat provinsi.

“Jadi tujuan dari survei sosial ekonomi nasional ini secara umum untuk mengumpulkan data dan tersediaya tentang kesejahteraan rakyat yang dapat mencerminkan keadaan sosial ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Kemudian, ia menyebutkan, ada sebanyak 26 petugas wawancara dan 13 petugas pengawas dimana nantinya mereka akan menjalankan survei tersebut yang terdiri dari 520 rumah tangga tersebar di sepuluh kecamatan Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kita bekali dulu mereka dengan pelatihan, untuk surveinya akan terhitung selama tiga minggu yang dimulai pada bulan Maret nanti dan nantinya selain kemiskinan ada juga survei kesehatan, indeks pembangunan manusia, pendidikan dan kependudukan. Jadi sangat kaya sekali Susenas ini,” sebutnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Kepala BPS Kabupaten Kepulauan Anambas, narasumber pelatihan dan peserta pelatihan petugas Susenas.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) bertanggung jawab atas tersedianya data yang diperlukan untuk perencanaan pembangunan sektoral maupun lintas sektoral. Salah satu sumber data yang diperlukan khususnya untuk perencanaan di bidang sosial ekonomi penduduk adalah Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang diselenggarakan oleh BPS setiap tahun.(KG/WNY)