Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Natuna Menghadiri Musrenbang Kecamatan Serasan

Bupati Natuna didampingi Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Natuna dan Camar Serasan.

NATUNA – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Ganda menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang), Kecamatan Serasan, di gedung pertemuan Kantor Camat Serasan, Jumat (10/2/2023).

Camat Serasan, Supardi dalam kata sambutan menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi prioritas pembangunan kecamatan serasan.

“Saya berharap usulan pembangunan yang diajukan dapat dijadikan prioritas pembangunan pada 2024 untuk serasan yang lebih maju,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan, tujuan utama dalam pembangunan adalah masyarakat. Bagaimana kita pemerintah daerah dapat merancang sebuah program pembangunan berorientasi pada kepentingan masyarakat. Apapun yang dilakukan pemerintah kabupaten hingga pemerintah desa tujuanya satu, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Siswandi juga menegaskan, ASN harus menjadi garda terdepan dalam membatu masyarakat dalam proses birokrasi, administrasi dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sosial.

“Kehadiran ASN harus dapat menjadi bagian dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, tentunya dengan memberikan pelayanan yang maksimal sesuai dengan bidang yang di naungi,” ungkapnya Wan Siswandi.

Siswandi juga mengingatkan, dengan adanya refocusing anggaran, penting bagi pemerintah kecamatan dapat mengajukan pembangunan yang memiliki urgensi yang jelas.

“Perlu saya sampaikan, dengan adanya refocusing anggaran sehingga pemerintah daerah menerapkan skala prioritas. Pembangunan yang bersifat urgensi dan menyangkut kepentingan masyarakat banyak akan didahulukan. Sistem skala prioritas juga dimaksudnya untuk menciptakan pemerataan pembangunan diseluruh kecamatan di Kabupaten Natuna,” ujar Siswandi.

Acara musrenbang dilanjutkan dengan penyampaian usulan pembangunan oleh Camat serasan, ada beberapa usulan pembangunan yang di usulkan :
1. Pembangunan Gedung pertemuan masyarakat kelurahan serasan
2. Pembangunan gedung kantor desa pangkalan
3. Lanjutan pembanguan jalan utama Desa Jermalik 3.000 m
4. Lanjutan pembangunan Pelabuhan Sungai Bakau
5. Rahabilitasi Pelabuhan Kampung Hilir
6. Pembangunan pelantar rakyat desa tanjung seletung
7. Pembangunan SMK di Desa Batu Berian .
8. Rehabilitasi Bangunan dan Lapangan Astaka
9. Revitalisasi Mess Kecamatan Serasan
10. Rehabilitasi Atap Kantor Kecamatan.

Acara musrenbang ditutup dengan tanggapan langsung oleh tim atensi terkait usulan pembangunan yang di ajukan oleh Kecamatan Serasan, diantaranya, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan dan OPD terkait yang bersangkutan langsung dengan Usulan pembangunan yang di ajukan. (KG/IK)