Waspada Bencana Alam, Ini Imbauan BPBD Anambas

Kepala Pelaksana BPBD Anambas, Syarif Ahmad ketika ditemui, Selasa (20/12/2022). (Foto: WNY)

ANAMBAS – Memasuki penghujung tahun 2022, lebih tepatnya pada bulan Desember, bencana alam memang kerap terjadi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Anambas memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu berhati-hati.

“Saya berpesan kepada masyarakat agar bisa mengantisipasi terjadinya bencana alam akibat cuaca buruk, seperti banjir, longsor, dan juga hal lainnya yang bersangkutan dengan alam,” pesan Syarif Ahmad, Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (20/12/2022).

Dirinya juga mengatakan, bencana yang terjadi di akhir tahun memang merupakan fenomena alam yang berulang, yang mana hal tersebut merupakan sebuah hal biasa, namun harus diantisipasi secara luar biasa.

“Seperti yang kita tahu, di penghujung tahun memang biasanya sering terjadi cuaca buruk yang mengakibatkan bencana alam, sehingga antisipasi sejak dini memang perlu dilakukan,” katanya.

Syarif Ahmad juga menjelaskan, sekiranya jika terjadi potensi bencana alam yang diketahui masyarakat, dapat melapor ke nomor Hotline BPBD Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kita telah menyediakan posko di 5 titik, seperti di Siantan, Jemaja, Jemaja Timur, Palmatak, Siantan Timur, untuk nomor Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Anambas bisa menghubungi 0813-6360-1550, standby 24 jam,” jelas Syarif Ahmad. (KG/WNY)