Yayasan BUMN akan Gelar Program Cinta Tanah Air di Anambas

Suasana rakor. (Foto:ist)

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas menggelar rapat koordinasi bersama Yayasan BUMN untuk Indonesia yang diselenggarakan di ruang Rapat Media Center, Kantor Bupati Lantai 2, Jumat (1/7/2022).

Rapat koordinasi (rakor) ini untuk menindaklanjuti rencana dari tim Yayasan BUMN untuk Indonesia yang akan melaksanakan acara Program Cinta Tanah Air pada 17 Agustus mendatang di Kabupaten Kepulauan Anambas, yang mana rencananya pihak Yayasan BUMN akan memberikan bantuan berupa:

  • 1 unit mesin pembuat es kepada Desa Putik Kecamatan Palmatak.
  • 1 unit ambulance laut ke Dinas Kesehatan Anambas.
  • 3 set library digital untuk Sekolah Dasar (SD) dan perpustakaan umum di pulau Tarempa¬†serta satu set untuk Desa Putik Palmatak.
  • 30 unit komputer untuk 2 SD di pulau Tarempa.
  • 30 buah cool box untuk 3 desa yang ada di Palmatak.
  • 3 unit oksigen konsentratror ke Dinas Kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyambut dengan antusias rencana dari Yayasan BUMN tersebut, dirinya juga mengatakan akan memberikan pelayanan yang baik selama kegiatan berlangsung.

“Kita tentu saja menyambut baik dan sangat gembira sekali akan rencana yang digagas oleh Yayasan BUMN tersebut, nantinya kita akan mempersiapkan pelayanan yang baik sesuai dengan adat kita orang Melayu,” kata Abdul Haris.

Abdul Haris menjelaskan, rencana yang dicanangkan oleh Yayasan BUMN ini merupakan komunikasi dari Kepala Desa (Kades) Putik Kecamatan Palmatak, sehingga pihak yayasan tertarik dan membuat program di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Ini bermula dari Kades Putik, yang mana beliau berkomunikasi dengan Yayasan BUMN. Jadi, saya menghimbau untuk kepada pemangku tanggung jawab di desa bisa lebih kreatif dan inovatif, agar tidak selalu berfokus pada anggaran APBD, bisa memanfaatkan celah-celah dan kesempatan dalam membangun daerah terutama desa, yang penting jalurnya itu tidak melanggar hukum dan aturan saya kira lakukan saja, mudah-mudahan perhatian dari pusat juga dapat terealisasi.” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan Yayasan BUMN, Fajar Bisma mengatakan, tujuan dari Yayasan BUMN ingin memberikan dampak positif dan bermanfaat untuk Kepulauan Anambas. Karena, sebagai Yayasan BUMN itu fokus kepada daerah 3 T, yaitu Terluar Tertinggal dan Terisolir.

“Kami mensupport dan mendukung Anambas sesuai dengan rencana kita dalam rangka nemperkuat semangat kebangsaan di Hari Kemerdekaan, yang mana selain memberikan bantuan kita juga akan mengadakan upacara kemerdekaan, juga perlombaan seperti baris berbaris, game dan pesta rakyat yang diselenggarakan oleh tim khusus Yayasan BUMN yang dibawa dari Jakarta,” kata Bisma. (KG/WNY)