Pemetaan Taman Bacaan Masyarakat di Anambas, Menjaga Minat Baca dan Pendidikan Anak

PKBM Nashrul Ummah di Kecamatan Palmatak. (Foto: WNY)

ANAMBAS – Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Pemutakhiran Data Komunitas Literasi se-Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (22/6/2023).

Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau merupakan Unit Pelaksana Teknis ( UPT), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kegiatan ini dilaksanakan 18–23 Juni 2023 di Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan, Desa Piabung, Kecamatan Palmatak serta Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur.

Koordinator pemutakhiran data komunitas literasi, Kantor Bahasa Provinsi Kepulaaun Riau, Teguh Madia Tarigan mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendata, memetakan, membuat kajian Pemutakhiran Data Komunitas Taman Bacaaan Masyarakat Se-Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kegiatan ini dibantu oleh Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, Hedtiandri,” ucap Teguh.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendata jumlah Forum Taman Bacaan Masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas serta dapat memetakan kategori Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas,” tambahnya.

Teknik pelaksanaan kegiatan Pemutakhiran Data Forum Taman Bacaan Masyarakat yakni dengan mengisi tautan (link) yang telah disiapkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau

Selanjutnya akan dikaji oleh tim dari kantor Bahasa untuk mengkategorikan Taman Bacaan Masyarakat yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Diharapkan dari kegitan ini akan ada pembinaan lanjutan serta pemberian bantuan bagi Taman Bacaan Masyarakat yang memenuhi persyaratan.

Pemutakhiran Data Komunitas Literasi di mulai pada tahun 2022 di Kabupaten Bintan, Karimun, Kota Tanjungpinang serta Batam. Dilanjutkan pada tahun 2023 di Kabupaten Lingga, Natuna, dan Anambas.

“Dari pendataan di Kabupaten Kepulauan Anambas terdapat lima Komunitas Literasi, tiga dari Kecamatan Palmatak yakni Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pesona Ilmu, TBM Palmatak dan Pustaka Daulat, di Kecamatan Siantan Timur TBM Desa Batu Belah serta Kecamatan Siantan Selatan, TBM Anak Bangsa,” ujar Teguh.

Ia menjelaskan dari tiga TBM di Kabupaten Kepulauan Anambas dipegang oleh anak muda yang cinta terhadap kemajuan pendidikan anak usia sekolah di desanya. Sementara dua TBM di Kecamatan Palmatak di kelola oleh ibu guru sekolah untuk memajukan kecerdasan anak bangsa di Kecamatan Palmatak. (KG/WNY)