Bupati Abdul Haris: Upaya Anambas Merupakan Amal Jariyah untuk Palestina

Foto Bersama Saat Penyerahan Hasil Dana Kemanusiaan Palestina di BSI KCP Tarempa. (Foto: kas)

ANAMBAS – Pada Jumat, 17 November 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepulauan Anambas melakukan penyaluran bantuan peduli kemanusiaan untuk rakyat Palestina.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kepulauan Anambas kepada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Tarempa.

Bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh relawan dari Himpunan Melayu Raya (Himalaya), organisasi masyarakat (ormas), pemerintahan, dan masyarakat, serta Baznas Kabupaten Kepulauan Anambas. Total donasi yang berhasil terkumpul mencapai Rp 339,387,500.

Abdul Haris, Bupati Kepulauan Anambas, mengungkapkan apresiasinya terhadap solidaritas masyarakat Anambas dalam menunjukkan kepedulian terhadap kemanusiaan Palestina.

“Ini secara nyata dan dapat kita saksikan, sudah kita serahkan kepada BSI sebagai bank penyalur, yang mana itu adalah hasil kerjasama kita semua sehingga dalam waktu yang tidak begitu lama kita bisa mengumpulkan sampai ratusan juta rupiah,” ucap Abdul Haris.

Beliau juga menekankan pentingnya upaya bersama dalam meringankan beban saudara-saudara di Palestina.

“Kita merasakan betapa pedih dan sakitnya keadaan yang dirasakan oleh saudara-saudara kita di Palestina, oleh karena itu kita coba membalutnya dengan upaya dan usaha berupa bantuan yang akan kita kirimkan nanti,” tambah Abdul Haris.

Ketua Baznas Kabupaten Kepulauan Anambas, Muksin, menyampaikan rasa syukur atas partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat Anambas dalam kegiatan ini. Donasi yang terkumpul akan dikirimkan langsung kepada Baznas RI melalui BSI sebagai bank penyalur.

Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Syariah Indonesia (BSI) Tarempa, Yan Fahrizal, menegaskan dukungannya terhadap program-program kemanusiaan dan ekonomi Islamik.

“Saat ini kami mendukung untuk ekonomi islamik, dalam arti kami mendukung untuk bekerjasama di Baznas dan Kemenag untuk dikolaborasikan dengan ormas Islam, pondok pesantren, dan masjid-masjid. Insya Allah, dengan kolaborasi ini, kita bisa bekerjasama dengan BSI untuk hal-hal lainnya,” ungkap Yan Fahrizal. (KG/Kas)