Bupati Anambas Ajak OPD untuk Melaksanakan Bacaan Al-Qur’an Pada Peringatan Maulid Nabi 1445 Hijriah

Foto Bersama Saat Acara Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M di Masjid Agung Baitul Ma'mur. (Foto: kas)

ANAMBAS – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 Hijriah/2023 Masehi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar salat Maghrib dan Isya berjamaah di Masjid Agung Baitul Ma’Mur Anambas.

Kegiatan ini merupakan momen penting yang diselenggarakan dengan khidmat dan rasa syukur, Rabu 27 September 2023.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, dengan penuh kebahagiaan mengucapkan rasa syukurnya atas limpahan rahmat dan karunia Allah SWT yang memungkinkan kegiatan ini berlangsung dalam keadaan sehat wal’afiat.

Dalam pidatonya, beliau menyatakan, “Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia serta hidayahnya sehingga kita dapat ikhlas melangkahkan kaki di Masjid Agung Baitur Ma’Mur Anambas dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1445 H/2023 Masehi sekaligus launching bacaan Al-Quran di lingkungan OPD Bakesbangpol.”

Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini selaras dengan visi kepala daerah yang menekankan Akhlakul Karimah.

Dengan penuh semangat, Bupati Abdul Haris menjelaskan, “Untuk memenuhi kriteria dari visi itu sendiri, maka dalam pelaksanaan kegiatannya adalah selain kegiatan dan rangkaian tentang keagamaan, kita juga lakukan dengan cara yang paling baik untuk membiasakan kita selalu membaca Al-Quran.”

Bupati juga berharap agar kedepan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kepulauan Anambas juga bisa melaksanakan kegiatan bacaan ayat suci Al-Quran ini.

“Mudah-mudahan ini dapat dilakukan oleh setiap OPD, saya yakin dan percaya, memang awalnya terasa berat tetapi kalau lama-kelamaan nanti menjadi ringan dan terbiasa dan menjadi berkat,” tutur beliau dengan penuh keyakinan.

Beliau menekankan bahwa perubahan yang sangat signifikan pasti akan terjadi kepada semua yang mengamalkan bacaan Al-Quran ini. Meskipun awalnya terasa berat dengan banyak godaan dan cobaan, Bupati Abdul Haris meyakini bahwa tantangan ini dapat diatasi dengan ikhlas dan kesungguhan.

“Pasti ada perubahan yang sangat signifikan kepada kita semua yang membaca Al-Quran ini, memang mungkin untuk mengawalinya ini berat, banyak godaan dan cobaan, itu saya kira tantangan bagaimana cara kita untuk mengatasinya, saya yakin bila ini kita tanamkan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, semuanya itu pasti akan terasa mudah,” terangnya.

Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini tidak hanya menjadi peringatan agung, tetapi juga momentum untuk lebih mendekatkan diri pada ajaran Al-Quran dan meningkatkan akhlak yang baik di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Semangat keagamaan dan kesungguhan dalam membaca Al-Quran diharapkan akan menjadi bagian integral dari perjalanan masyarakat Kepulauan Anambas ke masa depan yang lebih cemerlang. (KG/Kas)