Hari Jadi Kepri Ke-21, Alex Guspeneldi Dukung Pemprov Kepri Majukan Ekonomi

Anggota DPRD Kepri. Alex Guspeneldi SH MH(pakai peci )dalam sebuah acara beberapa waktu lalu di Batam. ISTIMEWA

BATAM – Anggota DPRD Komisi IV DPRD Kepri, Alex Guspeneldi SH MH mendukung upaya Pemerintah Provinsi Kepri dalam memajukan ekonomi. Alex sependapat jika fokus peningkatan ekonomi menjadi prioritas pasca pandemi Covid 19 melanda.

Hal itu disampaikannya, Senin, 25 September 2023 di Batam menanggapi Hari Jadi Provinsi Kepri ke-21 yang jatuh pada 24 September 2024. Provinsi Kepri merayakan Hari Jadinya yang ke-21. Bersama ini Pemprov Kepri mengedepankan tema ‘Ekonomi Maju untuk Kepri Berbudaya’.

Dikataka Alex, pandemi telah memporak-porandakan semua sektor. Masyarakat banyak di PHK, UKM telungkup, sektor pariwisata pun terjun bebas. Oleh sebab itu, stimulus dan kebijakan untuk peningkatan ekonomi penting dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepri dalam mendorong dan mendukung tumbuh dan pulihnya kembali ekonomi masyarakat Kepri.

“Seperti insentif dana bergulir bagi UKM dengan bunga nol persen, pemberian modal pada UKM dan stimulus lainnya untuk sektor pariwisata merupakan langkah tepat untuk memaju pertumbuhan ekonomi kembali,” kata politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Begitu juga kata Alex, program-program alokasi bea siswa bagi siswa berprestasi dan tidak mampu yang digulirkan Pemerintah Provinsi juga jadi salah satu jalan keluar untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas SDM Kepri.

Begitu juga lanjutnya, program bagi sembako terhadap masyarakat kurang mampu dan sembako murah adalah satu upaya untuk membantu ekonomi masyarakat yang terdampak selama ini karena Covid-19.

“Kan tidak semua masyarakat bisa tersentuh. Jadi langkah-langkah pemberian sembako dan sembako murah setidaknya bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 selama ini,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang positif ini menunjukkan bahwa pemerintah provinsi Kepri dan kabupaten/kota di Kepri telah berhasil mengimplementasikan berbagai kebijakan strategis untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, sehingga bisa melalui fase pemulihan menuju fase peningkatan.

“Dengan kebersamaan, pelan-pelan fase pemulihan ekonomi bisa kita lalui dengan baik. Berbagai strategi pemulihan juga berjalan baik dan efektif. Sehingga sekarang kita bisa memasuki fase berikutnya, yakni peningkatan,” kata Ansar.

Salah satu kebijakan strategis yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepri dalam upaya pemulihan adalah mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu andalan perekonomian daerah. (ghafur)