Peduli Korban Bencana di Karimun, Gubernur Ansar Serahkan Bantuan Rp 1,5 Miliar

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad saat penyerahan bantuan sosial di Gedung Serbaguna Nilamsari, Kantor Bupati Karimun, Kamis (30/5/2024). (Foto: kepriprov)

KARIMUN (advetorial) – Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, menyerahkan bantuan sosial untuk korban bencana angin puting beliung dan kebakaran di Kabupaten Karimun secara simbolis di Gedung Serbaguna Nilamsari, Kantor Bupati Karimun, Kamis (30/5/2024).

Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Kepri terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana alam di Kabupaten Karimun.

Gubernur Ansar menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Karimun untuk mendata semua korban bencana. Bantuan yang diberikan bervariasi tergantung pada klasifikasi kerusakan, mulai dari kerusakan berat, sedang, hingga ringan.

“Sudah menjadi kewajiban kami sebagai pemimpin dan pemerintah daerah untuk membantu masyarakat Kepri yang terkena musibah, karena itulah kita mesti gerak cepat membantu,” kata Gubernur Ansar.

Bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Kepri kepada korban bencana di Karimun ini yaitu bantuan sosial terdampak bencana angin puting beliung dengan total bantuan sebesar Rp. 1.201.217.200 yang terdiri dari sektor perumahan (95 unit terdiri dari 74 unit rusak ringan, 20 rusak sedang dan 1 unit rusak berat) dengan bantuan sebesar Rp 1.163.282.200, lalu bantuan sektor ekonomi (9 unit tempat usaha) dengan bantuan sebesar Rp 37.935.000.

Adapun bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri untuk korban bencana kebakaran di Kabupaten Karimun diberikan sebesar 240 juta Rupiah, sehingga total bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri berjumlah Rp 1,5 miliar.

Gubernur Ansar juga menegaskan pentingnya segera mencairkan dana bantuan tersebut.

“Saya tanya sama BPBD, kapan ini bisa dicairkan? Yang penting bapak ibu semua sudah punya rekening, nanti tolong komunikasi sama BPBD supaya ini segera dicairkan, jangan lama-lama,” tambahnya.

Gubernur Ansar berharap bantuan ini dapat meringankan beban para korban bencana. “Mudah-mudahan bapak ibu tetap semangat, tidak ada satu manusia pun yang ingin mendapat musibah, tapi kadang kala Allah menegur kita. Jadikan ini sebagai introspeksi diri, dan insya Allah di balik kesulitan ini pasti ada kemudahan yang Allah berikan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

“Kami sangat bersyukur bapak Gubernur Ansar Ahmad begitu perduli dengan masyarakat Karimun, uluran bantuan seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Bupati Karimun juga menyoroti bantuan yang mengalir dari masyarakat selama beberapa hari setelah bencana terjadi, menunjukkan solidaritas dan kepedulian yang tinggi terhadap sesama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Karimun Muhammad Yusuf Sirat, Kepala BPBD Provinsi Kepri M. Hasbi, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri Burhanudin, dan Tim Percepatan Pembangunan Suyono Saeran. KG/red