Pemkab Anambas Menjadi Teladan Keterbukaan Publik di Provinsi Kepri

Foto Bersama Saat Acara Anugerah Keterbukaan Informasi Tertinggi Tingkat Provinsi Kepri. (Foto: kas)

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas meraih penghargaan prestisius sebagai yang terbaik dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tahun 2023.

Penghargaan ini diberikan dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Kepri bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Tanjungpinang, pada Kamis, 23 November 2023.

Partisipasi Pemkab Anambas dalam kegiatan ini bersaing dengan 131 badan publik yang terbagi dalam empat kategori, mencakup pemerintah kabupaten/kota di lingkungan Provinsi Kepri, instansi vertikal tingkat Provinsi Kepri, instansi vertikal tingkat kabupaten/kota, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri.

Pemkab Anambas berhasil meraih penghargaan kualifikasi informatif dengan nilai tertinggi dalam kategori pemerintah kabupaten/kota di lingkungan Provinsi Kepri, dengan skor mencapai 91,8. Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Anambas juga meraih penghargaan dengan prestasi tertinggi dalam kategori instansi vertikal tingkat kabupaten/kota, memperoleh skor 97,9.

Keputusan hasil penilaian monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik tingkat Provinsi Kepri tahun 2023 diumumkan melalui Surat Keputusan (SK) Ketua Komisi Informasi Kepulauan Riau Nomor 03/KPTS/KI-KEPRI/XI/Tahun 2023 pada tanggal 10 November 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH. MM, yang mewakili Bupati Kepulauan Anambas dalam acara tersebut, menyampaikan kebanggaannya terhadap capaian dan kinerja pemerintah daerah. Sahtiar mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah melaksanakan tugasnya dalam mewujudkan keterbukaan publik di Anambas.

Menurut Sahtiar, keberhasilan ini tidak terlepas dari bimbingan dan motivasi yang terus diberikan oleh pimpinan.

Ia menekankan bahwa keterbukaan publik di Anambas terus meningkat setiap tahunnya berkat arahan yang inspiratif tersebut.

“Dengan motivasi dan arahan yang diberikan oleh bupati dan wakil bupati sehingga keterbukaan publik di Anambas terus meningkat setiap tahunnya,” ungkap Sahtiar.

Sahtiar juga menyampaikan harapannya bahwa penghargaan ini dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan kinerja badan-badan publik di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ia berharap agar prestasi ini dapat menjadi dorongan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan publik di masa mendatang.

“Dengan didapatkannya penghargaan ini, saya berharap, tentunya kita sebagai pekerja pemerintahan di Anambas ini dapat lebih memacu semangat kita lagi karena ini membuktikan kerja keras dari teman-teman supaya kedepannya kita dianggap bahwa daerah yang sangat terbuka dalam konteks hal apapun yang terjadi di daerah kita,” harap Sahtiar. (KG/Kas)