Pemko Batam Gelar Pelatihan Fardhu Kifayah, Diikuti 200 Petugas

Berfoto bersama. (Foto: humas)

BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Bagian Kesra Setdako Batam menyelenggarakan Pelatihan Fardhu Kifayah Tahun 2023 di Aula Engku Hamidah lantai IV Kantor Walikota, Selasa (5/12/2023). Secara resmi pelatihan dibuka oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd.

“Saya atas nama Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi mengapresiasi dan terimakasih kepada Bagian Kesra yang telah menyelenggarakan pelatihan ini. Dalam Islam, hukum mengurus jenazah adalah Fardhu Kifayah yang artinya diantara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bagaimana cara memandikan, mengkafani, mensholatkan, dan menguburkan jenazah yang sesuai dengan ketentuan syariat Islam,” paparnya.

Adapun yang mengikuti pelatihan ini adalah petugas Fardhu Kifayah yang sudah ditetapkan berdasarkan SK Walikota sesuai usulan RW, setiap RW diusulkan 2 orang. Ia menyebut ini menjadi atensi, karena menyangkut urusan dunia. Karena berakhirnya kehidupan ini penyelesaiannya melalui Fardhu Kifayah. Ia berharap pelatihan ini dapat menambah ilmu bagi seluruh peserta.

Dijelaskan berdasarkan SK Walikota terdapat 901 petugas yang sudah di-SK-kan. Karena keterbatasan waktu maka tahun ini baru sebagian yang mengikuti pelatihan ini. Sebagian lagi akan mengikuti pelatihan pada tahun depan. Peserta yang mengikuti pelatihan ini menurutnya akan mendapat sertifikat.

“Saya yakin semua sudah memiliki ilmu soal Fardhu Kifayah ini. Namun ada teknis-teknis yang harus diketahui dan akan disampaikan oleh narasumber. Di samping teori ada etika yang harus dijaga, seperti aib dari jenazah yang Kita urus ini,” pesannya.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, dirinya berpesan kepada seluruh peserta agar dapat menyerap dan mengaktualisasikan ilmu yang didapat dimasyarakat. Ia juga berharap peserta dapat meneruskan pengetahuan tentang cara mengurus jenazah kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu dan mampu melaksanakan penyelenggaraan jenazah.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, hendaknya peserta dapat menyerap dan mempraktekan sesuai dengan materi pelatihan dilapangan nantinya,” ujar pria kelahiran Selatpanjang ini.

Kabag Kesra Setdako Batam, Mahlil menyampaikan pelatihan Fardhu Kifayah ini diikuti oleh petugas pemandian dan pengkafanan jenazah di Kota Batam. Pelatihan ini menurutnya akan dilaksanakan dua kali di bulan Desember ini.

“Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan pemberian materi terlebih dahulu oleh narasumber mengenai tata cara memandikan Jenazah, mengkafani serta mensholatkan jenazah. Dilanjutkan dengan praktek,” jelasnya. KG/red