Ririn Apresiasi Pemproiv Kepri Bantu Alat Tangkap Perikanan kepada Nelayan

Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Ririn Warsiti ikut menyerahkan bantuan Pemerintah Kepri kepada nelayan di Aula Balai Perikanan Budidaya Laut Setokok, Barelang, Kota Batam, Minggu 23 Juli 2023. GHAFUR

BATAM – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) menyerahkan bantuan alat tangkap perikanan ke sejumlah nelayan di Kota Batam senilai Rp1,046 miliar. Bantuan itu berupa mesin tempel hingga lift jacket.

Bantuan alat tangkap perikanan itu diserahkan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad kepada perwakilan nelayan di Aula Balai Perikanan Budidaya Laut Setokok, Barelang, Kota Batam, Minggu 23 Juli 2023.

Adapun bantuan yang diserahkan masing-masing 19 unit mesin tempel berkapasitas 15 PK dengan pagu anggaran sebesar Rp632 juta untuk nelayan Kecamatan Belakang Padang dan Kecamatan Bulang.

Selanjutnya ada bantuan 100 gulung alat kawat bubu dengan pagu anggaran sebesar Rp89 juta. Bantuan kawat bubu ini diberikan untuk nelayan di Kecamatan Bulang, Kecamatan Galang dan Kecamatan Belakang Padang.

Berikutnya bantuan 45 unit mesin ketinting dengan pagu anggaran Rp263 juta, yang diserahkan untuk nelayan di Kecamatan Belakang Padang. Terakhir adalah bantuan 250 life jacket dengan pagu Rp88 juta.

Pada kesempatan itu, Ansar berharap bantuan itu dapat membantu masyarakat nelayan yang ada di Kota Batam, terutama untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan. Sehingga satu sisi, akan meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga masyarakat setempat.

“Semua peralatan yang kita berikan ini, agar secara benar maksimal dimanfaatkan. Dengan demikian, akan memberikan manfaat langsung yang semuanya itu kembali dirasakan oleh bapak dan ibu nelayan,” kata Ansar.

Meski begitu, lanjut Ansar, penting juga agar semua nelayan yang ada untuk juga mengembangkan budidaya perikanan. Upaya ini agar hasil produksi perikanan yang dihasilkan juga makin baik lagi. Dan satu sisi, juga akan bisa mengisi peluang pasar dalam hal ini eksport, yang sangat terbuka luas.

“Pemberian bantuan peralatan perikanan kali ini, tidak lepas dari dukungan teman-teman semua, dalam hal ini anggota dewan DPRD Provinsi Kepri cukup banyak berperan melalui dana aspirasinya,” kata Ansar.

Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Ririn Warsiti SE MM mengapresiasi atas bantuan alat tangkap kepada nelayan.

Katanya, nelayan Kepri sejatinya mesti didukung penuh oleh pemerintah agar laut Kepri yang begitu luas bisa menghadirkan kesejahteraan bagi nelayan dan masyarakat Kepri.

“Saya harap di masa datang bantuan alat tangkap ke nelayan dapat ditingkatkan,” katanya.

Ririn juga mengharapkan nelayan untuk memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik mungkin. Agar hasil tangkapan bisa lebih maksimal demi kesejahtera keluarga.

“Sebagai anggota DPRD Kepri yang kebetulan bersentuhan dengan daerah pemilihan yang umumnya masyarakatnya nelayan saya sangat serius untuk membantu para nelayan untuk bisa meningkatkan penghasilan mereka,” katanya.

Ririn mengaku selama ini pihaknya banyak memfasilitasi bantuan alat tangkap kepada para nelayan demi peningkatan kesekajeraan mereka. (ghafur)