BPBD dan DPUPRPRKP Anambas Bergerak Cepat Evakuasi Potensi Longsor di Sekitar SMPN 02

Proses evakuasi batu-batu besar di sekitar SMPN 02 Tarempa. (Foto: kas)

ANAMBAS – Pada Rabu, 22 November 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan evakuasi batu besar di sekitar kawasan SMPN 02 Tarempa.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kepulauan Anambas, melalui Kabid, Pencegahan dan Kesiapsiagaan menjelaskan bahwa kegiatan ini merespon laporan dari pemilik lahan yang mengajukan bantuan evakuasi.

Sulaiman menyampaikan bahwa batu besar tersebut berpotensi membahayakan masyarakat baik yang berada di bawah maupun di atas kawasan tersebut. Kondisi curah hujan yang tinggi menyebabkan tergerusnya batu besar, meningkatkan potensi tergelincir dan bahaya longsor.

“Dalam situasi ini, kami bekerjasama dengan Dinas PU dan melibatkan masyarakat untuk menjalankan evakuasi batu besar. Kami juga telah berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk memastikan keamanan selama proses evakuasi,” ujar Sulaiman.

Proses evakuasi berfokus pada dua titik utama yang batunya telah masuk ke badan jalan dan berpotensi tergelincir.

“Prioritas saat ini adalah mengevakuasi dua batu tersebut, namun kami akan berkoordinasi dengan tukang batu untuk menentukan apakah ada batu lain yang perlu dievakuasi,” tambahnya.

Sulaiman menjelaskan, bahwa metode evakuasi yang digunakan adalah cara tradisional dengan membakar batu terlebih dahulu dan memecahnya menjadi potongan-potongan kecil.

Estimasi pengerjaannya sekitar empat hari. Setelah evakuasi selesai, pemilik lahan bertanggung jawab membuat batu miring, dan pengelolaannya diserahkan kepada pemilik lahan.

“Kami berharap, semoga evakuasi ini dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar, serta mengurangi potensi risiko bagi masyarakat sekitar,” harap Sulaiman. (KG/Kas)