Buka Sosialisasi Teknologi Keuangan dan Kesehatan Digital, Ini Pesan Bupati Anambas

Berfoto bersama usai acara sosialisasi, pelatihan dan uji coba keuangan digital serta Aplikasi Digital Kesehatan di Gedung BPMS Tarempa pada Selasa (29/8/2023). (Foto: WNY)

ANAMBAS – Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris membuka giat sosialisasi, pelatihan uan uji coba keuangan digital serta Aplikasi Digital Kesehatan di Gedung BPMS Tarempa, Selasa (29/8/2023).

Acara ini merupakan hasil kerjasama antara BAKTI Kominfo dan Bank Indonesia yang bertujuan untuk mengenalkan inovasi teknologi terkini kepada masyarakat setempat.

Fokus utama acara adalah memberikan pemahaman mendalam serta pengujian langsung kepada warga mengenai penggunaan teknologi keuangan dan layanan kesehatan digital.

Dalam sambutannya, Bupati Abdul Haris menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk memfasilitasi adaptasi masyarakat terhadap kemajuan teknologi serta memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur BAKTI yang telah dibangun di wilayah Kepulauan Anambas.

“Sosialisasi ini juga bertujuan untuk memudahkan pelaku UMKM dalam menyimpan catatan keuangan dan mempermudah transaksi masyarakat,” ujar Abdul Haris.

Selain itu, acara ini sejalan dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1559/2022 tentang penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik di sektor kesehatan dan strategi transformasi digital kesehatan.

Program kesehatan digital ini diharapkan dapat memberikan solusi dalam pencegahan penyakit dan peningkatan kualitas hidup berbasis teknologi digital.

Hal ini juga diharapkan akan memungkinkan masyarakat menerima bantuan medis secara cepat dan tepat dari tenaga medis yang ahli.

Dalam upaya mempercepat implementasi program keuangan dan kesehatan digital di Kepulauan Anambas, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) mengadakan kegiatan sosialisasi serta pelatihan terkait penggunaan QRIS untuk keuangan digital dan memperkenalkan ekosistem digital di bidang kesehatan melalui platform telemedicine.

BAKTI Kominfo, bekerja sama dengan pemerintah daerah, berkomitmen untuk terus mengembangkan infrastruktur telekomunikasi.

Latifah Hanum, Kepala Divisi Layanan TI untuk Pemerintah dari BAKTI Kominfo, menjelaskan bahwa pengembangan infrastruktur tetap memperhatikan anggaran yang tersedia.

Program ekosistem digital yang dicanangkan juga melibatkan sektor pariwisata dan perikanan.

“Program ini lebih dari sekedar kesehatan dan keuangan digital, dan kami berharap untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam mewujudkan berbagai inisiatif ini,” jelasnya.

Dalam konteks layanan kesehatan digital, BAKTI Kominfo bekerjasama dengan startup kesehatan melalui aplikasi SiapDok.

Aplikasi ini memungkinkan warga untuk mendapatkan layanan telekonsultasi dan telemedicine dari dokter-dokter yang berafiliasi dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Aplikasi ini dapat diunduh melalui App Store dan Play Store.

“Diharapkan bahwa acara pelatihan, sosialisasi, dan uji coba aplikasi digital kesehatan ini akan memberikan pemahaman mendalam kepada tenaga medis dan masyarakat mengenai layanan telemedicine dan keuangan digital,” ujarnya.

Bank Indonesia juga akan terus mendorong penggunaan QRIS untuk mempercepat proses transaksi keuangan dan memudahkan akses perbankan bagi masyarakat.

Dengan segala upaya yang dilakukan, diharapkan Kepulauan Anambas akan semakin berkembang dalam bidang kesehatan dan keuangan digital, memajukan fasilitas kesehatan, serta merangsang pertumbuhan ekonomi melalui inovasi teknologi,” harapnya. KG/WNY