Harapan Wakil Bupati Anambas: Dukungan Berkelanjutan dari Pemprov Kepri

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra Mendampingi Gubernur Ansar Ahmad Saat Meresmikan Gedung PMJ Srilanang di Kelurahan Letung. (Foto: kas)

ANAMBAS – Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, terus berkomitmen dalam mewujudkan berbagai program pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada tahun 2023 dan 2024.

Pada hari Senin, 15 Januari 2024, Ansar Ahmad melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Anambas.

Salah satu agenda penting dalam kunjungannya adalah peresmian Gedung Pertemuan Masyarakat Jemaja (Srilanang) di Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja.

Gubernur Ansar Ahmad Menyerahkan Bantuan Insentif Para Ustadz di Kelurahan Letung. (Foto: kas)

Selain meresmikan gedung pertemuan, Ansar Ahmad juga turut menyerahkan bantuan alat perikanan kepada nelayan setempat, sebagai upaya untuk meningkatkan sektor perikanan di wilayah tersebut.

Acara peresmian tersebut juga menjadi momentum untuk penandatanganan surat perjanjian Program Tugas Belajar Khusus (PTK) Non Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) untuk tahun 2024.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan bahwa sebagian besar proyek yang diresmikan, termasuk di Letung, didanai oleh Pemerintah Pusat atas usulan dari Pemerintah Provinsi Kepri.

Hal ini dilakukan mengingat keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kepri yang tidak mencukupi untuk pembangunan infrastruktur secara menyeluruh di kepulauan tersebut.

“Proyek yang kita resmikan ini adalah hasil usulan ke pemerintah pusat, yang terus kita dorong di kementerian agar anggaran bisa kita dapatkan untuk pembangunan infrastruktur, termasuk jalan. Pembangunan jalan ini bertujuan untuk memacu aktivitas ekonomi agar lebih merata di seluruh Kepri,” kata Ansar Ahmad.

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, S.A.P Menyerahkan Bantuan Tunjangan Beban Kerja Wakil Kepala Sekolah. (Foto: kas)

Ansar Ahmad juga menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri telah melaksanakan berbagai program kesehatan dan sosial, seperti pengoperasian rumah sakit jiwa di Tanjung Uban dan pemasangan ring jantung di RSUP Tanjungpinang.

Program tersebut didukung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau Jamkesda untuk memastikan layanan kesehatan yang merata bagi masyarakat Kepri.

Selain itu, Ansar Ahmad juga menyinggung program penempatan ustadz-ustadz muda di pulau-pulau terpencil dengan insentif bulanan, serta program bantuan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan bunga nol persen, transportasi anak sekolah di daerah terpencil, SPP gratis, beasiswa untuk jenjang Diploma 3 (D3) dan Sarjana (S1), hingga pemasangan sambungan listrik baru bagi masyarakat yang tidak mampu.

“Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan, termasuk rumah singgah, bantuan UMKM, dan 77 BTS yang telah dibangun di seluruh Kepri untuk mempermudah komunikasi,” seru Ansar Ahmad.

Foto Bersama Saat Acara Peresmian Gedung PMJ Srilanang di Kelurahan Letung. (Foto: kas)

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, S.A.P, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepri atas bantuan yang telah diberikan dalam pembangunan jalan, gedung serbaguna, dan berbagai program lainnya.

“Saya berharap bantuan ini dapat terus berlanjut dan meningkat di masa yang akan datang untuk kemajuan Kabupaten Anambas dan Kepulauan Riau secara keseluruhan,” harap Wan Zuhendra. (KG/Kastarani)