Harapan Wan Zuhendra: Akses Telekomunikasi Merata di Wilayah Perbatasan Anambas

Foto Bersama Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra Saat di PT. Mora Telematika Indonesia Tbk. (Foto: kas)

ANAMBAS – Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, melakukan kunjungan ke markas PT. Mora Telematika Indonesia Tbk sebagai bentuk apresiasi terhadap investasi perusahaan tersebut dalam memajukan infrastruktur telekomunikasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sesampainya di kantor pusat PT. Mora Telematika Indonesia Tbk, Wakil Bupati disambut oleh jajaran pimpinan perusahaan, termasuk Direktur Utama Jimmy Kadir, Wakil Direktur Genta Andhika, dan Direktur Business Strategic Resi Y Bramani.

Dalam pernyataannya, Wan Zuhendra menyampaikan ucapan terimakasih atas kontribusi PT. Mora Telematika Indonesia Tbk yang telah menggandeng operator seluler untuk membangun infrastruktur telekomunikasi.

“Alhamdulillah, di beberapa lokasi, layanan sinyal 4G sudah dirasakan masyarakat perbatasan di Kabupaten Kepulauan Anambas,” ucap Wan Zuhendra, Jumat, (01/12/2023).

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas. Pemkab Kepulauan Anambas memfasilitasi keinginan warga Desa Teluk Bayur dan Desa Teluk Durian, Kecamatan Kute Siantan, yang mengharapkan kehadiran tower backbone di Gunung Payung, Desa Teluk Bayur, untuk mendukung hadirnya BTS (Base Transceiver Station).

“BTS adalah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator. Ini akan membantu masyarakat setempat merasakan layanan sinyal 4G, mengatasi masalah Blank Spot Sinyal di wilayah tersebut,” ungkap Wan Zuhendra.

Wakil Bupati berharap akses telekomunikasi dapat merata di seluruh Kabupaten Kepulauan Anambas, sesuai dengan status Lokpri 1 yang menetapkan wilayah tersebut sebagai Kawasan Strategis Perbatasan Negara Lokasi Prioritas.

“Ini juga merupakan harapan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan pemerataan akses telekomunikasi di seluruh wilayah Anambas,” tambahnya.

Dengan kerjasama antara pemerintah daerah dan perusahaan telekomunikasi terkemuka, diharapkan adanya peningkatan signifikan dalam konektivitas dan akses informasi bagi masyarakat perbatasan Kepulauan Anambas. (KG/Kastarani)