Lanal Tarempa Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Lanal Tarempa Saat Melakukan Pengibaran Bendera Merah Putih Dibawah Laut Pantai Tanjung Momong. (Foto: WNY)

ANAMBAS РDalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa menggelar acara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut yang mengesankan, Rabu (16/8/2023).

Upacara yang dilaksanakan di perairan laut Tanjung Momong, Desa Tarempa Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas ini menjadi sukses berkat kolaborasi yang erat antara TNI/Polri, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, serta dukungan yang solid dari FKPD dan Napoleon Anambas Dive Centre.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Tarempa mengucapkan rasa terima kasih mendalam kepada semua pihak yang turut serta dalam menyelenggarakan acara bersejarah ini.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah manifestasi nyata dari cinta dan pengabdian kepada negara tercinta, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kehadiran Bupati Kepulauan Anambas dalam acara tersebut juga menjadi catatan penting.

Dalam ungkapannya, beliau menyampaikan kagumnya terhadap inisiatif luar biasa yang dijalankan oleh Pangkalan TNI AL Tarempa.

“Biasanya bendera kita berkibar di darat, tetapi kali ini, bendera Merah Putih kita kibarkan di bawah permukaan laut. Melalui momentum ini, kita ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Anambas, yang mayoritas wilayahnya adalah laut, mampu mengibarkan bendera kebangsaan tidak hanya di darat, tetapi juga di dalam laut,” ujar Abdul Haris dengan antusias.

Abdul Haris juga menekankan bahwa peristiwa ini melambangkan suka cita dalam menyambut usia kemerdekaan RI yang ke-78.

“Pengibaran bendera di bawah laut ini adalah ekspresi dari perayaan 78 tahun kemerdekaan kita. Kita bersyukur karena di usia bangsa yang telah mencapai 78 tahun, kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk terus memberikan kontribusi positif bagi Kabupaten Kepulauan Anambas, serta bagi bangsa dan negara kita ini,” tandasnya.

Pada akhir pidatonya, Bupati Kepulauan Anambas mengingatkan bahwa bendera Merah Putih memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia.

“Bendera ini adalah lambang semangat kita untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa yang belum sempat menikmati kemerdekaan. Dengan semangat itu, di usia kemerdekaan yang ke-78, Indonesia terus mengalami transformasi dan pertumbuhan untuk masa depan yang lebih cerah,” kata Abdul Haris.

Acara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut bukan hanya sekadar perayaan, melainkan juga sebagai pengingat akan arti penting kemerdekaan bagi setiap warga negara Indonesia.

Dengan kolaborasi lintas sektor, semangat patriotisme dan cinta tanah air terus berkobar, memberikan harapan yang terus bersinar bagi masa depan bangsa yang gemilang. KG/WNY