Mubes Pertama Batam Film Association, Membuka Era Baru dalam Perfilman Batam

Pengurus BAFA melakukan sesi foto bersama usai mubes di gedung LAM, Minggu (22/10/2023). (Foto: munawir)

BATAM  – Sebuah babak baru dalam dunia perfilman di Batam telah diawali dengan Musyawarah Besar (Mubes) yang digelar oleh Batam Film Association (BAFA) di Gedung Nong Isa Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam Centre. Acara yang berlangsung pada Minggu (22/10/2023) ini bertujuan membentuk struktur kepengurusan BAFA untuk pertama kalinya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Ardiwinata, memberikan dukungan penuh terhadap terbentuknya BAFA. Ia menyatakan pentingnya asosiasi ini sebagai wadah bagi para sineas muda di Batam dan memandangnya sebagai tambahan kekuatan dalam ekonomi kreatif kota.

Menurut Ardi, asosiasi yang kuat adalah asosiasi yang anggotanya berkomitmen untuk masa depannya. Ia berharap anggota BAFA akan memberikan kontribusi terbaik mereka untuk perkembangan industri perfilman.

“Film adalah seni yang sangat kompleks dan kaya. Di dalamnya, kita temui seni peran, musik, rupa, dan banyak lagi. Teman-teman di sini adalah orang-orang luar biasa,” tambah Ardi.

Sambutan positif juga datang dari Babe Asmawi, salah satu tokoh perfilman di Batam yang hadir dalam acara tersebut. Ia mengapresiasi semangat anak muda yang berkontribusi dalam seni perfilman dan menekankan bahwa seni tidak mengenal usia.

Je Yatmoko, Ketua Panitia Mubes, berharap kehadiran BAFA akan mendorong pertumbuhan industri perfilman di Batam dan menjadikannya pesaing kuat dalam skena perfilman nasional dan internasional.

BAFA tidak hanya didirikan untuk perkembangan industri perfilman tetapi juga untuk menghimpun para pelaku perfilman dalam satu wadah yang dapat menampung aspirasi mereka serta memberikan perlindungan, kesejahteraan, dan pengembangan.

Setelah serangkaian rapat dan diskusi terkait kepengurusan asosiasi, para anggota sepakat memilih Trio Novalis sebagai Ketua Umum BAFA untuk periode 2021-2026, dengan Je Yatmoko sebagai wakilnya.

“Salam selamat untuk adinda Trio Novalis yang terpilih sebagai Ketua Umum BAFA. Semoga kepengurusan baru ini akan membawa perfilman Batam menuju kesuksesan yang lebih baik,” ucap Hardi Hood, pembina BAFA, saat meresmikan kepengurusan ini.

Trio Novalis, Ketua Umum BAFA yang baru, mengungkapkan rasa syukurnya karena diberi kepercayaan untuk memimpin BAFA dalam satu periode ke depan. Ia juga berharap BAFA akan menjadi platform aktif bagi perkembangan perfilman di Kota Batam, di mana ide-ide kreatif dapat berkumpul dan berkembang.

Dengan terbentuknya BAFA, perfilman Batam telah membuka babak baru yang menjanjikan bagi para sineas muda di daerah ini dan memperkuat eksistensi industri perfilman di tingkat nasional dan internasional. ggm/mun