Pemkab Anambas Gelar Rakor untuk Mengendalikan Inflasi di Tahun 2023

Suasana Saat Rakor Pengendalian Inflasi, Senin (18/9/2023). (Foto: kas)

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar rapat koordinasi (rakor) yang bertujuan untuk mengendalikan inflasi di wilayah tersebut. Rakor ini diadakan di Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Kepulauan Anambas.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas, Ody Karyadi, memberikan pernyataan terkait upaya penanganan inflasi di daerah tersebut.

Ia menjelaskan bahwa penanganan inflasi di Anambas melibatkan unsur dari pemerintahan daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), dan fokus utamanya adalah menjaga stabilitas harga barang.

“Untuk Anambas, harga barang sangat bergantung pada akses transportasi, itulah yang harus kita jaga,” ungkap Ody Karyadi.

Ia menekankan pentingnya kelancaran transportasi dalam menjaga stabilitas harga barang di daerah tersebut.

Dalam rakor ini, disampaikan informasi tentang kondisi pangan nasional serta paparan tentang harga-harga barang nasional. Selain itu, langkah-langkah yang harus segera diambil oleh pemerintah daerah, terutama daerah yang mengalami kenaikan tingkat inflasi, juga dibahas.

Namun, Karyadi menegaskan bahwa Anambas bukan merupakan penyumbang utama inflasi, dan harga-harga masih tetap stabil di daerah tersebut.

“Kita ini fluktuatif, dimana harga barang sangat bergantung dari supply demand dan kelancaran transportasi. Kalau itu lancar, demandnya akan seimbang dan harga otomatis akan stabil,” ujar Ody Karyadi.

Ody Karyadi juga menjelaskan bahwa sebagian besar barang di daerah Tarempa, Anambas, merupakan barang impor, dan dengan kondisi geografisnya yang berada di sekitar lautan, transportasi memegang peranan penting.

Ia mengakui bahwa kehadiran Tol Laut sangat membantu, terutama pada musim utara ketika pengaruh cuaca membuat kapal-kapal kargo tidak dapat beroperasi.

“Kalau transportasi terhambat, itu yang berpotensi bahaya. Oleh karena itu, kami sangat memperhatikan keadaan ini pada musim utara ini. Tol Laut merupakan andalan kami, yang membantu distribusi barang melalui kapal tetap lancar, walaupun hanya sementara,” tambahnya.

Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas ini diharapkan dapat menjaga stabilitas harga barang dan mendukung perekonomian daerah, terutama dalam menghadapi tantangan geografis yang unik yang dimiliki oleh Anambas. (KG/Kas)