TNI AL Gelar Program Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut di Anambas

Foto Bersama Saat Acara program Binwiltasla sebagai implementasi tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut. (Foto: kas)

ANAMBAS – Program Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut (Binwiltasla) menjadi bagian integral dari tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang diemban oleh TNI Angkatan Laut.

Fokus utama program ini adalah untuk membina potensi maritim di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, dengan tujuan menciptakan ruang, alat, dan kondisi (RAK) juang yang tangguh.

Selain itu, Binwiltasla juga bertujuan untuk menanamkan karakter dan semangat nasionalisme kepada masyarakat, terutama generasi muda.

Acara pembukaan program Binwiltasla, yang berlangsung selama dua hari, dihelat di SMKN 1 Anambas, Desa Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah, Kabupaten Kepulauan Anambas, pada hari Selasa, 24 Oktober 2023.

Kolonel Laut (P) M. Syamsul Rizal, yang mewakili Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal, membuka acara tersebut dan menyampaikan harapannya agar Binwiltasla TNI Angkatan Laut tahun 2023 dapat meningkatkan wawasan generasi muda Anambas tentang potensi dan ancaman terkait dengan bidang maritim di wilayah perbatasan laut.

Program Binwiltasla Lanal Tarempa tahun 2023 mengusung tema “Melalui Pembinaan Potensi Maritim Wilayah Perbatasan Laut Tahun 2023, Kita Tingkatkan Kemampuan Sumber Daya Manusia Maritim yang Handal Dalam Menghadapi Tantangan Global di Masa Depan.”

Kegiatan ini melibatkan penyuluhan kepada 120 siswa SMKN 1 Anambas, yang mencakup berbagai isu penting seperti bahaya hoax, penyalahgunaan media sosial, judi online, wawasan kebangsaan tentang Ideologi Pancasila, bahaya radikalisme, keimigrasian, bahaya HIV, pergaulan bebas, serta bahaya narkoba.

“Selain penyuluhan, kami juga melaksanakan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan pembagian paket sembako bagi warga lansia Desa Air Asuk,” ujarnya.

“Semua kegiatan ini bertujuan untuk memberikan manfaat nyata kepada masyarakat di wilayah perbatasan laut,” sambungnya.

Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Ibni Jauhari, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam program ini dan menjelaskan bahwa Binwiltasla adalah upaya nyata TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan pembinaan potensi maritim kepada masyarakat dan generasi muda.

“Hal ini bertujuan untuk mendukung percepatan pembangunan dan menyiapkan secara dini mental juang generasi muda yang tangguh di wilayah kerja Lanal Tarempa,” katanya.

“Program Binwiltasla juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mereka, sehingga mereka memiliki bekal yang kuat untuk menghadapi tugas dan tantangan masa depan,” tambahnya.

Kegiatan pembinaan wilayah perbatasan laut di wilayah kerja Lanal Tarempa tahun 2023 dihadiri oleh sejumlah pihak, termasuk Kepala Bakesbangpol Kabupaten Kepulauan Anambas, Camat Siantan Tengah, Danramil 02/Tarempa, Polres Anambas, Imigrasi Kelas II TPI Tarempa, Kepala Sekolah SMKN 1 Anambas, Kepala Desa Air Asuk, dan seluruh Personel Lanal Tarempa.

Program Binwiltasla merupakan langkah konkret dalam memperkuat potensi maritim dan kesadaran nasionalisme di wilayah perbatasan laut, yang memiliki dampak positif pada perkembangan wilayah tersebut. (KG/Kas)