Wabup Anambas: DTR KPN Tarempa Kembangkan Kawasan Perbatasan sebagai PKSN

Berfoto bersama usai FGD RDTR KPN untuk Tarempa Sebagai PKSN, Kamis (31/8/2023). (Foto: WNY)

ANAMBAS – Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra hadir dalam Forum Group Discussion (FGD) yang membahas isu strategis serta sinkronisasi data terkait Penyusunan Materi Teknis (Matek) Rancangan Detail Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara (RDTR KPN) untuk Tarempa.

Forum tersebut diadakan di Hotel Tarempa Beach pada hari Kamis (31/8/2023). Tujuannya untuk mengembangkan kawasan perbatasan sebagai Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Wan Zuhendra mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ATR/BPN atas bantuan teknis yang diberikan dalam penyusunan Materi Teknis RDTR KPN untuk Tarempa sebagai PKSN.

Bantuan tersebut diwujudkan melalui alokasi dana Anggaran Belanja Tambahan (ABT) Bagian Anggaran (BA) Bendahara Umum Negara (BUN) Tahun 2023.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ATR/BPN yang telah memberikan bantuan teknis dalam Penyusunan Materi Teknis RDTR KPN untuk Tarempa sebagai PKSN melalui alokasi dana ABT BA BUN Tahun 2023. Penyusunan Materi Teknis RDTR KPN untuk Tarempa sebagai PKSN bertujuan untuk menciptakan ruang di kawasan perbatasan yang aman, nyaman, dan berkelanjutan. Hal ini juga akan meningkatkan pelayanan pertahanan dan keamanan negara, serta mendorong pengembangan kawasan perbatasan berdasarkan peraturan perundang-undangan pasca tahun 2018,” ujar Wan Zuhendra.

Lebih lanjut, Wan Zuhendra menyampaikan harapannya bahwa pengembangan kawasan perbatasan, khususnya KPN untuk Tarempa sebagai PKSN akan memberikan peluang ekonomi selain manfaat pada aspek pertahanan dan keamanan. Dia berharap RDTR KPN untuk Tarempa sebagai PKSN dapat mengoptimalkan berbagai potensi daerah.

“Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk pembangunan berkelanjutan selalu menjadi cita-cita daerah. Oleh karena itu, 10 fungsi PKSN Tarempa yang akan direfleksikan dalam RDTR diharapkan dapat menciptakan iklim ekosistem yang mendukung investasi, pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat di perbatasan Kabupaten Kepulauan Anambas di masa depan,” jelas Wan Zuhendra.

Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pemaparan oleh Tim Penyusun Materi Teknis RDTR KPN Tarempa sebagai PKSN, yang diwakili oleh PT Enggal Karja Oetama.

Dengan semangat ini, langkah menuju pengembangan strategis dan berkelanjutan di kawasan perbatasan terus diperjuangkan. KG/WNY