Wakil Bupati Anambas Buka Musrenbang RKPD 2025 dengan Tema Pembangunan Berkelanjutan

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, S.A.P Resmi Membuka Musrenbang RKPD 2025

ANAMBAS (kepriglobal.com) – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Acara tersebut berlangsung di Ruang Rapat Utama Profesor Mohammad Zein, Lantai III Kantor Bupati Kepulauan Anambas, pada Kamis, 7 Maret 2024.

Laporan Kepala Bappeda KKA, Andiguna Saat Acara Musrenbang RKPD 2025

Dengan mengusung tema “Optimalisasi Pembangunan Ekonomi, Sumber Daya Manusia, dan Infrastruktur Berkelanjutan”, Musrenbang bertujuan untuk menyatukan gagasan dan rencana pembangunan yang berfokus pada pertumbuhan ekonomi, peningkatan sumber daya manusia, serta pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Laporan Kepala Bappeda KKA, Andiguna Saat Acara Musrenbang RKPD 2025

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, S.A.P, dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali.

Foto Bersama Saat Acara Musrenbang RKPD 2025

Dalam laporannya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Andiguna Kurniawan Hasibuan, S.T, yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana Musrenbang, menyampaikan bahwa tujuan utama Musrenbang adalah untuk menajamkan, menyelaraskan, mengklarifikasi, dan mencapai kesepakatan terhadap rancangan RKPD berdasarkan masukan dari Musrenbang tingkat kecamatan, kelurahan, dan desa yang telah dibahas dalam Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, S.A.P dan Wakil Ketua I DPRD KKA, Syamsil Umri

“Kita melaksanakan Musrenbang ini untuk mendapatkan saran dan masukan akhir atas program kegiatan yang telah disusun sesuai dengan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, dan nasional,” ujar Andiguna.

Proses Musrenbang ini melibatkan sinergi antara prioritas pembangunan daerah dengan kebijakan di tingkat provinsi dan pusat, serta usulan program dan kegiatan dari masyarakat. Selain itu, aspek efektivitas, efisiensi, dan keberlanjutan juga menjadi perhatian utama.

Sambutan Perwakilan Tokoh BP2KKA Saat Musrenbang RKPD 2025

Dalam RKPD Tahun 2025, empat prioritas pembangunan yang dijabarkan meliputi:

  • Peningkatan pemanfaatan sumber daya ekonomi unggulan daerah.
  • Pemanfaatan sumber daya manusia yang sehat, unggul, dan berdaya saing.
  • Pemerataan infrastruktur wilayah yang berkualitas.
  • Optimalisasi reformasi birokrasi.

Untuk mewujudkan keempat prioritas tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah merencanakan 133 program yang tersebar di 34 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Foto Bersama Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, S.A.P dan Perwakilan yang Menerima Piagam Penghargaan

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, S.A.P, menekankan pentingnya langkah-langkah konkret untuk meningkatkan ekonomi berbasis sektor unggulan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Empat prioritas pembangunan itu diharapkan dapat menjawab tantangan dan sasaran pembangunan yang akan dicapai melalui upaya-upaya kita bersama secara serius,” tutur Wan Zuhendra.

Dengan terlaksananya Musrenbang ini, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas berharap dapat menyusun RKPD yang lebih komprehensif dan tepat sasaran, demi mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (KG/Kastarani)