Babinsa Koramil 04/Letung Komsos dengan Warga Nelayan Desa Kuala Maras

Babinsa Koramil 04/Letung, Serka Edi Sucipto Saat Komsos bersama Warga Binaan. (Foto: WNY)

ANAMBAS РAnggota Babinsa dari Koramil 04/Letung, Serka Edi Sucipto, melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (komsos) Rabu (19/7/2023) di Desa Kuala Maras, Kecamatan Jamaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi yang baik dan harmonis dengan Warga Desa Kuala Maras, terutama dengan mayoritas penduduk desa yang berprofesi sebagai nelayan.

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh kehangatan tersebut, Serka Edi Sucipto dengan tegas menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan komsos tersebut.

Ia menyatakan bahwa tujuan utamanya adalah untuk mempererat hubungan dan keakraban antara Babinsa dengan warga Desa Kuala Maras.

Dalam menyampaikan pesannya, Serka Edi berharap agar tugas-tugas yang diemban oleh pihaknya dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Tak hanya membangun kebersamaan, Serka Edi Sucipto juga mengambil kesempatan untuk memberikan himbauan penting kepada para nelayan di Desa Kuala Maras.

Ia dengan tegas mengingatkan para nelayan untuk selalu berhati-hati dan waspada saat hendak turun ke laut.

“Perhatikan faktor cuaca, periksa kelayakan pompong yang akan digunakan, dan lengkapi alat keselamatan agar tidak terjadi laka laut yang berakibat fatal dan merugikan diri sendiri serta meninggalkan kesedihan bagi keluarga,” seru Serka Edi.

Serka Edi juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus memberikan informasi tentang perubahan iklim cuaca yang tidak bisa diprediksi dengan pasti.

“Hal ini kami lakukan agar masyarakat lebih berhati-hati dan waspada saat beraktivitas di laut. Selain itu, kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi himbauan dan melengkapi alat-alat keselamatan saat pergi ke laut,” tambahnya.

Inisiatif dari Serka Edi Sucipto dalam melaksanakan kegiatan komsos dan memberikan perhatian kepada para nelayan mendapat apresiasi yang sangat positif dari Warga Desa Kuala Maras.

Salah satu warga Desa Kuala Maras mengungkapkan rasa terimakasihnya. Ia mengatakan merasa senang dan bangga bahwa Babinsa Koramil 04/Letung telah menyempatkan diri untuk berkomunikasi dan memberikan arahan yang sangat berharga.

“Kami merasa senang dengan kehadiran Babinsa Serka Edi Sucipto yang telah menyempatkan diri untuk berkomunikasi dan memberikan arahan kepada kami. Ini menunjukkan perhatian yang besar dari pihak TNI terhadap kami sebagai masyarakat,” ucapnya.

Terpisah, Plh. Danramil 04/Letung Serma FA Sihombing berharap kegiatan komsos semacam ini dapat terus berlanjut dan mempererat ikatan antara TNI dengan masyarakat.

Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam setiap aktivitas kelautan.

“Dengan kerjasama yang baik antara TNI dan masyarakat, lingkungan maritim di wilayah Desa Kuala Maras diharapkan tetap aman dan sejahtera bagi para nelayan dan seluruh warganya,” harap Serma FA Sihombing. KG/WNY