Rudi Tinjau Langsung Lokasi Kebakaran Pulau Buluh, Sampaikan Rasa Prihatin Sekaligus Ulurkan Bantuan

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meninjau langsung lokasi kebakaran yang terjadi di RT 06 RW 02, Kelurahan Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Rabu (19/7/2023). (Foto: humas)

BATAM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meninjau langsung lokasi kebakaran yang terjadi di RT 06 RW 02, Kelurahan Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Rabu (19/7/2023).

Rudi turun ke lokasi kejadian bersama Ketua TP PKK Kota Batam, yang juga Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina dan bertatap muka langsung dengan para korban musibah kebakaran yang menghanguskan 10 rumah tersebut.

“Hadir menyampaikan rasa keprihatinan kepada warga Pulau Buluh yang saya cintai, yang tengah tertimpa musibah kebakaran. Juga bersama Wakil Gubernur Kepri, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepri, Camat Bulang, Polsek Bulang, dan Ketua Baznas Kota Batam hadir disini untuk memberi dukungan serta bantuan,” kata Rudi.

Rudi sengaja datang langsung ke Pulau Buluh, setelah mendapatkan laporan kebakaran yang terjadi pukul 05.45 WIB atau pada Rabu pagi hari ini. Dengan jumlah korban dilaporkan sebanyak 33 jiwa, 13 kepala keluarga, dan 10 rumah hangus terbakar.

“Maka kita hadir untuk mengetahui secara langsung apa yang dirasakan masyarakat Kota Batam. Tidak lain guna merespon cepat dan menentukan kebijakan yang akan diambil demi membantu para korban. Dari Pemerintah Kota Batam juga akan turun menilai berapa kerugian yang dialami masyarakat, sehingga nanti terdata berapa jumlah yang akan dibantu oleh Pemerintah Kota Batam,” tegasnya.

Sedangkan dari Baznas Kota Batam, memberikan bantuan langsung berupa kebutuhan dapur umum berupa sembako senilai Rp 30 juta kepada perwakilan masyarakat. Dan untuk perbaikan 10 rumah korban kebakaran, Baznas memberikan bantuan sejumlah Rp 75 Juta.

“Tentu uang sejumlah itu tidak cukup, nanti akan dibantu. Maka kita tengah menghitung, sehingga bisa menambah biaya pembangunan rumah dari pemerintah,” ujar Rudi.

Usai meninjau dan bertemu langsung dengan para korban musibah kebakaran. Muhammad Rudi bersama Marlin Agustina, menuju Vihara Samudera Bhakti untuk bertemu dengan keluarga korban meninggal dunia, wanita berusia 73 tahun atas nama Sui Eng, untuk menyampaikan rasa empati dan ungkapan duka cita.

“Atas nama Pemerintah Kota Batam, turut berbelasungkawa atas korban meninggal dunia pada musibah ini. Juga untuk para korban lain yang mengalami musibah ini, semua yang terjadi di dunia adalah cobaan dari Allah, maka jangan sampai merenung terlalu jauh. Ambil hikmahnya, sebagai mahluk ciptaan Tuhan, kita berikhtiar adanya suatu kenikmatan dibalik kejadian ini. Kita perbaiki bertahap, kita lanjutkan kehidupan supaya yang ada dapat dinilai secara positif,” ungkap Rudi memberi semangat kepada para korban kebakaran Pulau Buluh. KG/red