Bupati Anambas Ajak Masyarakat Amalkan Pancasila untuk Kemajuan Bangsa

Laporan Kepada Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Upacara Kantor Bupati Anambas. (Foto: kas)

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dengan semangat tinggi menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Pasir Peti, pada hari Minggu, 1 Oktober 2023.

Upacara ini diadakan dengan tema yang berkesan, yaitu “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.” Tema ini dipilih dengan tujuan utama untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan oleh ideologi lainnya.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, yang bertindak sebagai inspektur upacara, menyampaikan pidato yang memotivasi hadirin. Abdul Haris menekankan peran penting Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Ideologi ini mampu merangkul berbagai perbedaan yang ada di Indonesia dan menjadi dasar pembangunan nasional menuju Indonesia yang maju, karena Pancasila mengandung nilai-nilai luhur seperti nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial.

“Saat kita merayakan Hari Kesaktian Pancasila, kita seharusnya mengambil hikmah dari sejarahnya, di mana banyak pengorbanan telah dilakukan. Upacara peringatan ini juga bertujuan untuk mempertahankan ideologi Pancasila yang selama ini telah menyatukan kita,” ujar Abdul Haris.

Selain itu, ia menekankan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 ini merupakan momentum yang penting untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila di kalangan masyarakat.

“Dalam rangka mewujudkan Indonesia yang maju, diperlukan pemahaman dan pengamalan Pancasila yang baik dari seluruh masyarakat Indonesia,” tambah Abdul Haris.

Hari Kesaktian Pancasila menjadi sebuah momentum penting yang mengingatkan kita akan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan ideologi Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang dapat mempersatukan seluruh negara, bangsa, dan rakyat Indonesia. Peringatan ini juga menjadi kesempatan untuk mengenang dan menghormati para korban G30S PKI yang telah gugur dalam mempertahankan Pancasila. (KG/Kas)